ArenaLTE.com – Kegunaan drone tentu sangat banyak, mulai dari mendukung urusan kepentingan sipil (komersial) dan militer. Meski dibuat dengan platform yang kian canggih, drone punya batasan endurance saat mengudara, maklum kemampuan terbang terkorelasi dengan batas pengisian daya. Namun sebuah model terbaru Parc Drone yang dikembangkan pembuat pesawat tak berawak dari Boston, CyPhy Works, memiliki pengecualian.

Dijuluki Parc, pesawat mini tanpa awak ini ini dapat melakukan tugas pengawasan udara tanpa batas karena menggunakan microfilament yang mentransmisikan daya dan data. Karena menggunakan penambat, drone ini tidak pergi jauh.

Nah, berkat kemampuan mengudara yang tanpa batas tadi, drone copter ini juga dapat dimanfaatkan sebagai wahana intai sampai sarana relay komunikasi. Yang disebut terakhir dimaksudkan peran drone sebagai hub komunikasi. Semisal saat terjadi bencana alam, drone ini dapat dikerahkan sebagai BTS (base transceiver station) on the air.

Parc Drone diluncurkan sebagai produk komersial pekan ini, setelah CyPhy Works menerima pengecualian yang memungkinkan pelanggan menerbangkan pesawat tak berawak itu untuk tujuan komersial. “Parc Drone ini pada dasarnya sebuah robot dengan waktu penerbangan tak terbatas,” kata Helen Greiner, pendiri CyPhy Works, dikutip dari cyphyworks.com. “Anda menerbangkannya dan dia akan tetap di udara.”

parc droneBaca jugaYING Zerotech Jadi Drone Komersil Pertama Berbasis Qualcomm Snapdragon

Parc Drone memiliki enam rotor dan sebuah kamera resolusi tinggi yang mampu menghasilkan rekaman inframerah untuk pengamatan malam hari. Penambat microfilament-nya lebih tipis daripada kabelheadphone, tapi cukup kuat untuk mengikat pesawat tak berawak. Drone dapat diatur untuk terbang otomatis pada ketinggian tertentu.

CyPhy Works juga mengembangkan pesawat tanpa awak kecil untuk penggemar dan drone pengantar unik.Drone pengantar memiliki rotor yang bisa berputar, yang memungkinkan pesawat terbang seperti pesawat, sehingga penerbangannya lebih hemat energi. Greiner mengatakan pesawat tak berawak ini mampu membawa muatan 5 pound (2,27 kg) untuk 5 mil (8 km).