ArenaLTE.com – SPDY yang biasa diucapkan speedy adalah sebuah protokol jaringan terbuka yang baru dikembangkan Google untuk pengembangan konten Web. Baru-baru ini, teknologi tersebut telah diadopsi pada aplikasi Opera Max dalam fitur Opera Turbo. Teknologi tersebut digunakan dalam sambungan data VPN melalui tunel SSL. Sehingga memungkinkan konten web yang berat cepat terbuka, namun tetap aman dikunjungi.

Teknologi tersebut akan bekerja sama dengan melakukan enkripsi sambungan, seperti memproteksi server atau situs dengan pengunjung saat mengaksesnya. Ketika  Anda menggunakan aplikasi apa saja sambil menyalakan Opera Max di Wi-Fi hotspot terbuka di tempat-tempat seperti kedai kopi, stasiun kereta api, bandara, bus, atau pusat perbelanjaan, maka tentunya data bisa aman dari intaian hacker.

Menurut Kooswardini Wulandari, Communications Manager Opera Indonesia, teknologi baru yang disematkan pada Opera Max dapat mengurangi penggunaan data aplikasi yang kaya gambar, seperti Instagram atau Flipboard, serta beberapa aplikasi video-dan  streaming musik populer namun tetap bisa mengamankan sambungan jaringan data ponsel tersebut.

Penggunaan Opera Max juga dinyatakan cukup baik dan aman, saat digunakan dalam jaringan terbuka yang ramai. Jadi, jika Anda terjebak di tempat yang ramai – sembari bepergian di Bandara Soekarno Hatta misalnya, Anda sebaiknya mengaktifkan Opera Max. Selain keamanan Anda juga akan memiliki jejak Wi-Fi yang lebih ringan, sehingga Anda bisa menggunakan  hotspot Wi-Fi publik gratis dengan lebih lancar.

Dengan penerapan SPDY, Anda pada dasarnya meng-upgrade cara aplikasi Android Anda terhubung ke cloud. SPDY merupakan cabang dari  HTTP 2.0 standar yang akan diluncurkan Google dan dikembangkan secara khusus untuk mempercepat koneksi data seluler.

Google mengerahkan SPDY di beberapa aplikasi, terutama dalam fitur Penghemat Data Chrome di Chrome untuk Android. SPDY diuji dan diperbaiki secara terbuka oleh lebih dari 100 juta pengguna android menggunakan fitur proxy Chrome dengan SPDY.

Google memperkirakan bahwa SPDY membawa peningkatan 23%  dalam kecepatan melalui jaringan seluler. Jadi kami pikir, bukankah akan  keren kalau peningkatan kecepatan 23% inipun bisa diterapkan untuk semua aplikasi Anda? Opera Max telah meningkatkan kemampuan  VPN  Max untuk menghubungkan ke cloud yang menggunakan SPDY.