ArenaLTE.com – Notifikasi smartphone dapat mengganggu Anda jika berbunyi di saat-saat yang tidak tepat. Contohnya saat sedang bekerja, makan, atau tidur. Sebuah startup bernama Triggerhood mengklaim memiliki cara untuk memastikan notifikasi smartphone selalu berdenting di saat-saat yang tepat.

Triggerhood mengatakan telah membangun perangkat lunak yang dapat digunakan pengembang untuk memperkaya aplikasi mereka untuk mengumpulkan data dari sebuah aplikasi itu sendiri. Contohnya berapa lama aplikasi telah beroperasi, kapan dibuka, dan ketika ditutup. Informasi ini dikombinasikan dengan data lokasi dan sinyal dari sensor smartphone menunjukkan apakah pengguna ponsel tengah berjalan, mengemudi, atau memiringkan perangkat. Data kemudian dikirim secara anonim ke server Triggerhood, di mana algoritma menentukan apakah saat tersebut merupakan waktu yang tepat untuk membunyikan notifikasi smartphone.

Dibutuhkan beberapa hari untuk membangun profil pribadi untuk pengguna sebelum Triggerhood dapat menentukan bahwa, katakanlah, sebuah aplikasi berita mengirimkan notifikasi smartphone tentang artikel saat Anda saat beribadah.

Pendiri Triggerhood, Guy Balzam, berkata beberapa aplikasi kecil sudah mulai menggunakan produk mereka. Perusahaannya bekerja untuk membawa sistem notifikasi smartphone ini ke beberapa aplikasi yang lebih besar. Balzam mengatakan informasi yang dikumpulkan bersifat pribadi atau tidak terkait dengan identitas pengguna.

Sementara itu Cary Stothart, mahasiswa pascasarjana Florida State University melakukan riset yang ditulis dalam makalah mengenai gangguan yang diakibatkan notifikasi smartphone pada kehidupan sehari-hari. Ia mengatakan dalam penelitiannya menunjukkan bahwa ketika pengguna sekadar mengetahui mendapat notifikasi saja akan mengurangi konsentrasi. Jika Triggerhood bisa mencari cara untuk menunda pengiriman notifikasi smartphone kepada orang-orang yang tengah mengemudi atau bekerja, katanya, hal tersebut bisa membantu mengurangi gangguan.

Dia tidak berpikir hal itu akan menyebabkan pengurangan secara keseluruhan dalam notifikasi smartphone yang kita dapatkan. Idealnya, aplikasi ini tidak harus mengirimkan pemberitahuan kecuali hal itu sangat penting. Namun karena persaingan sengit antar aplikasi smartphone, kadang sebuah aplikasi bisa memenuhi layar notifikasi smartphone.