ArenaLTE.com – Elemen keamanan pada jaringan seluler menjadi fokus perhatian, terlebih dalam koneksi mobile broadband berbasis 4G LTE (Long Term Evolution) yang digadang mendukung peran IoT (Internet of Things). Jaminan koneksi cepat dan aman tak bisa ditawar lagi, dan belum lama ini, vendor jaringan asal Finlandia, Nokia, meluncurkan solusi yang terkait keamanan jaringan 4G, dengan label Nokia Ultra Compact Network.

Teknologi baru Nokia ini dapat memberikan layanan suara, video dan data dalam situasi darurat, di lokasi terpencil atau peristiwa penting dalam beberapa menit. Teknologi ini bertindak sebagai hotspot untuk organisasi keselamatan publik, industri dan operator.

Yang bikin lebih keren lagi, Nokia Ultra Compact Network dapat disimpan dalam tas ransel. Karena merupakan bagian dari keluarga sistem Nokia Compact, jenis solusi terbaru ini menyediakan perangkat yang dapat ditempatkan dalam ransel.

Dengan desain ultra compact di dalam ransel, maka proses deployment solusi keamanan jaringan 4G dapat berlangsung lebih cepat. Dalam siaran pers, Nokia menyebut solusi terbaru ini dirancang untuk kepentingan keamanan publik, manajemen saat bencana, dan beragam situasi penting yang menyangkut bisnis.

nokia_ultra-compact-lte

Karena diunggulkan untuk bisa digelar secara cepat dan taktis, Nokia Ultra Compact Network selain dapat digendong lewat ransel, perangkat ini juga dapat dipasang pada kendaraan, bahkan dalam skema perangkat ini dapat digelar dari udara lewat adopsi pada drone, alias pesawat tanpa awak, atau bisa juga disematkan pada balon udara.

Yang jadi cakupan fungsi perangkat ini adalah menjamin koneksi pada high-traffic events, remote areas, atau saat jaringan makro seluler mengalami gangguan. Canggihnya, perangkat ini dapat di setting untuk beroperasio mandiri (stand alone), atau bisa juga ditumpangi di jaringan 4G eksisting.

Resminya, Nokia Ultra Compact Network diluncurkan di ajang Critical Communications World di Amsterdam, Belanda 30 Mei lalu. Pada intinya solusi ini dibangun dari platform small cell, yang memungkinkan layanan seluler 4G dapat terus berjalan dengan aman di saat-saat kritis.

Selain menawarkan keunggulan pada kualitas voice, dukungan transmisi data, video, dan multimedia juga menjadi kehandalan yang ditawarkan Nokia disini. Singkatnya, Nokia Ultra Compact Network dapat berperan layaknya hotspot darurat. Dari spesifikasinya, Nokia Ultra Compact Network dapat melayani area seluas 75 Km dengan kapasitas handle hingga 400 pengguna.