ArenaLTE.com – MediaTek baru saja mengumumkan secara resmi jajaran chipset andalan di segmen menengah atas mereka. Adalah Helio P20 dan P25 yang resmi diungkap bersama dengan chipset kelas atas yang selama ini kerap jadi rumor yakni Helio X30.

Helio P20 yang ditancapkan dalam perangkat UMi Plus Extreme Edition merupakan chipset octa core yang dirancang melaui proses 16nm. Hadir dengan dukungan LPDDR4x RAM, dimana dalam perangkat UMi mampu menghadirkan RAM dengan besaran 6GB.Helio P20 UMIInformasi yang lebih detil seputar Helio P20 dan P25 masih belum begitu banyak, meskipun keduanya bakal memiliki banyak kemiripan. Sebagai pelengkap dari konfigurasi delapan inti yang dimilikinya, Helio P25 juga dibundel dengan dukungan dual camera setup dengan optical zoom.

Helio P20Kamera belakang ganda memang tengah menjadi tren di dunia smartphone saat ini. Seperti yang terlihat dalam HTC One 8, Huawei P9 dan Apple iPhone 7 Plus. Tak heran, jika MediaTek juga berupaya mengakomodasinya dengan melepas chipset seperti Helio P25.

Nah, buat para fans yang selalu tergila-gila dengan smartphone flagship berkemampuan mutakhir, maka jangan sampai ketinggalan informasi seputar chipset Helio X30. Seperti yang sudah dirumorkan berkali-kali chipset papan atas ini bakal memberikan performa handal buat smartphone flagship. Chipset ini sendiri dikembangkan melalui proses 10nm TSMC dengan jumlah inti total 10.

helio X30Helio X30 akan menanamkan arsitektur dengan tiga cluster seperti yang dipakai dalam X20. Serta menyisipkan dua inti Cortex-A73 yang memiliki clockspeed 2.8GHz, empat inti Cortex-A53 berclockspeed 2.2GHz dan empat inti Cortex-A35 berclockspeed 2.0GHz.  Soal pengolah grafis, Helio X30 bakal disokong dengan PowerVR 7XTP-MT4 (850 MHz).

Helio X30 sudah mendukung LPDDR4x RAM yang bisa mencapai 8GB, kemampuan rekam video 4K video @ 30 fps dan disuntik dengan LTE Cat. 10. Sangat menarik melihat bagaimana sepak terjang chipset papan atas MediaTek menghadapi besutan dari rival beratnya Qualcomm lewat Snapdragon 820/821.