ArenaLTE.com – MediaTek baru-baru ini mengungkap senjata barunya yang siap menjadi andalan dalam smartphone anyar tahun ini. Adalah MediaTek Pump Express 3.0 teknologi pengecasan cepat yang diklaim mampu meningkatkan kecepatan charging baterai ponsel hanya dalam waktu singkat.

Teknologi dalam industri mobile melesat sangat cepat dalam segala aspek selama dekade terakhir ini. Seiring dengan meningkatnya kemampuan setiap komponen dalam sebuah perangkat bergerak, perkembangan terbaru berhasil dicetuskan lagi dalam teknologi baterai.

MediaTek belum lama ini mengungkapkan langkah mereka untuk mengimplementasikan teknologi pengecasan super cepat dalam perangkat yang disokongnya. Perusahaan ini memperkenalkan versi ketiga dalam teknologi fast charging mereka yakni Pump Express 3.0 yang menjanjikan pengecasan dari 0% ke 70% hanya dalam 20 menit.

Sekadar catatan, Pump Express 3.0 bekerja dengan port USB Type-C alias versi paling baru. MediaTek memajang fitur barunya ini di ajang Computex 2016. Selain bisa mengecas sampai 70% dalam waktu 20 menit, Pump Express 3.0 sanggup menyediakan 1 jam waktu bicara dengan 5 menit pengecasan. MediaTek mengungkapkan jika teknologi terbaru ini didukung kecepatan pengecasan serta efisiensi yang bisa mengurangi naiknya temperatur ponsel selama proses.

Teknologi terbaru Pump Express 3.0 diharapkan hadir bersama dengan ponsel yang dijejali prosesor Helio P20 jelang tutup 2016 nanti. Helio P20 sendiri kemungkinan menyusup dalam smartphone yang meluncur di paruh kedua tahun ini.

mediatek helio p20 mediatek helio p20 1Helio P20 adalah versi upgrade dari Helio P10 yang fokus dalam meningkatkan efisiensi daya. Chipset ini menjanjikan 25% reduksi daya tapi performanya lebih melejit. Semuanya bisa diperoleh berkat dukungan delapan inti ARM Cortex A53 yang berjalan dengan clockspeed 2.3GHz. Grafis disokong dengan GPU Mali T800 yang memliki kecepatan 900MHz.

Spesfikasi lain yang dibenamkan dalam Helio P20 termasuk dukungan uuntuk dua display Full HD pada 60fps. Mampu menangani sebuah kamera 24MP atau kamera dengan dua setup pada resolusi 13MP dan 13MP. Bisa merekam video hingga resolusi 4Kx2K pada 30FPS. Konektivitas disokong Cat.6 LTE dan 2×20 carrier aggregation dengan kecepatan download 300Mbps serta upload 50Mbps. Tertanamm juga Wi-Fi ac, GPS/Glonass/Beidou, Bluetooth dan radio FM.