ArenaLTE.com – Aktivitas bersepeda, baik untuk keperluan kerja dan traveling, kerap membutuhkan keberadaan tas ransel. Ya bagi kebanyakan bikers sepeda, ransel dianggap sebagai tempat yang paling dinamis nan kompak selama bersepeda. Lewat inovasi dari Aster, perusahaan pembuat tas ransel, kini ditawarkan tas ransel pintar yang diberi label Lumos Aster dengan slogan world’s safest commute back.

Ada embel-embel kata safe dalam tagline, pasalnya Lumos Aster selain peran utamanya sebagai ransel, juga mengusung fitur yang mampu meningkatkan sisi keamanan saat bersepeda. Tak ransel ini diciptakan untuk memberi elemen perlindungan pada kondisi bersepeda di malam hari.

Pada bagian belakang tas ransel, terdapat lampu LED, yang perannya bisa disamakan dengan lampu indikator sen pada kendaraan bermotor. Lampu LED ini pada fungsi asasinya tak sekadar sebagai indikator sen kiri dan kanan, lebih dari itu, indikator lampu rem (mengerem), bahkan indikator jika sepeda dicuri pun dapat diwakilkan dari lampu LED ini.

Sebagai tas ransel canggih, desainnya sudah dibuat kedap air. Untuk kebersihan, bagian dalam tas dapat dilepas dan dicuci. Fitur lain yang tak kalah penting ada U-lock dan slot info kontak kartu darurat.

Lumos-Aster-2

Baca juga: Audi e-Bike, Sepeda Pintar yang Bisa Dikendalikan dari Smartphone

Lantas pertanyaan bakal muncul, bagaimana koneksi dapat berlangsung antara lampu LED di ransel dengan konsol di sepeda, pasalnya keduanya tidak terhubung dengan kabel. Seperti dikutip dari Gizmag.com, ternyata lampu LED 16 yang berada di belakang ransel terkoneksi dengan modul Bluetooth yang ditempatkan di stang. Agar sinkron dengan manuver sepeda, pada konsol Bluetooth dikaitkan dengan sensor akselerometer yang akan mengaktifkan lampu rem saat sepeda berhenti.

Tak Lumos Aster ini juga punya kaitan dengan smartphone, konsol Bluetooth yang dilengkapi akselerometer dapat mendeteksi bila sepeda sedang dipindahkan tanpa pengawasan. Nantinya akan ada alarm yang disampaikan ke smartphone. OS yang mendukung Lumos Aster adalah iOS dan Android.

Dengan dukungan kapasitas baterai 4.000 mAh, tas ransel ajaib ini juga dapat berperan sebagai power bank, sambungan koneksi USB sudah tersedia. Bila baterai terisi penuh, lampu indikator LED dapat aktif selama 10 sampai 15 jam penggunaan.

Agar terhindar dari bahaya ditabrak kendaraan dari sisi samping, pada sisi tas ransel dilengkapi dengan dua strip merah lampiu LED. Dari arah depan, di bagian tali ransel dilengkapi dengan lampu LED berwarna putih (front light). Sayangnya lampu LED putih ini kurang ideal untuk menerangi jalan Anda, tapi paling tidak keberadaan pengendara sepeda akan terlihat jelas dari arah depan. Tak ransel Lumos ini ditawatkan dengan harga US$114. Tertarik dengan tas ransel ini? Simak kilasan videonya di bawah ini.