ArenaLTE.com – Jagad dunia 4G LTE (Long Term Evolution) pastilah mengenal EE, inilah operator seluler asal Inggris yang pertama kali meluncurkan secara komersial layanan LTE pada tahun 2012 silam. Dan kini setelah lima ratusan operator di seluruh dunia bergabung menggunakan LTE, EE kembali membuat terobosan dengan meluncurkan LTE Cat 9.

Kategori LTE mulai dari Cat 1, Cat 2 dan sampai Cat 9 sangat terkait dengan tawaran akses dan kecepatan data. Seperti dikutip dari trustedreviews.com, EE telah menggelar jaringan LTE Cat 9 di beberapa lokasi terpilih.

Tak hanya soal jaringan yang baru, agar optimal LTE Cat 9 juga tak sembarangan match dengan semua jenis smartphone. Dan salah satu smartphone yang kompatible dengan Cat 9 adalah HTC 10 buatan Taiwan.

Nah, yang jadi pertanyaan, apakah LTE Cat 9?

Cat 9 adalah singkatan kategori 9 yang mengacu pada kemampuan smartphone dalam mendukung beberapa jenis jaringan. Semakin tinggi angka Cat tersebut, maka semakin cepat kecepatan teoritis untuk melakukan download dan upload ke dan dari smartphone Anda. Dimulai dari Cat 4 ke atas mendukung pula layanan LTE-A (Advanced). Dalam bahasa jaringan ini juga dikenal sebagai 4G, 4GX, 4.5g atau 4G LTE ULTRA yang sekarang menjadi standar di seluruh dunia.

LTE Cat 9 pada smartphone dan tablet secara teoritis mampu mencapai kecepatan download hingga 450 Mbps dan kecepatan upload hampir 55 Mbps. Meski dalam faktanya kecepatan yang didapat lebih lambat, bergantung pada penyerapan kapasitas jaringan di suatu area.

lte cat-9Secara prinsip LTE Cat 9 adalah penerus Cat 6 yang menawarkan kecepatan download maksimum teoritis sampai 450 Mbps. Di dunia terminology jaringan seluler, Cat 9 bukan yang terakhir, masih ada Cat 11 yang bisa menawarkan kecepatan download sampai 600 Mbps. Untuk Cat 11 sampai saat ini masih dalam uji coba, dan operator Telstra Australia diberitakan sebagai yang pertama menggelar uji Cat 11.

Di Inggris, EE telah menggelar LTE Cat 9 di lokasi Stadion Wembley dan akan terus dikembangkan ke wilayah London Timur. Dari sisi perangkat, selain HTC 10, smartphone lain seperti Samsung Galaxy S7, Galaxy Note 7, Xiaomi Mi Note Pro/Mi 5 dan Sony Xperia X, juga telah mendukung LTE Cat 9. Selain Inggris, LTE Cat 9 juga berjalan di Jepang, Nigeria, Qatar, Estonia, Republik Ceko, Perancis, Jerman, Yunani, Latvia, Lithuania, Spanyol dan Swedia.