ArenaLTE.com – LG Innotek mengumumkan sebuah inovasi terbaru mereka yaitu menciptakan sebuah sensor tekanan dengan bahan tekstil fleksibel. Sensor ini dapat mendeteksi tekanan yang terjadi diseluruh permukaannya dan menariknya lagi sensor ini bisa ditekuk dan dilipat karena terbuat dari bahan tekstil yang elastis.

Sensor tekanan dengan bahan tekstil fleksibel ini mampu mendeteksi tingkat tekanan yang dialaminya dari pihak luar, dan penemuan ini rencananya akan diterapkan untuk berbagai mendukung pengembangan teknologi di sektor peralatan kesehatan dan otomotif guna mendeteksi dan menganalisa tekanan yang terjadi dan berbagi peralatan individu canggih lainnya.

Kehadiran sensor tekanan dengan bahan tekstil fleksibel ini merupakan perbaikan dari sensor tekanan sebelumnya. versi sebelumnya hadir berbentuk koin dan terbuat dari PCB atau PET Film yang sulit untuk di bentuk atau ditekuk. Sensor tekanan versi awal ini juga sulit digunakan untuk mendekti tekanan ada area yang cukup luas karena cara mendeteksi sensornya berbeda, dan jika sensor ini diterapkan ke tubuh maka akan menyebabkan iritasi.

Sensor tekanan dengan bahan tekstil fleksibel dari LG Innotek ini terbuat dari bahan elastic polyurethane yang cocook dengan tubuh manusia. Dan sensor yang mampu mendeteksi tekanan ini menyebar keseluruh permukaan sehingga lebih sensitif dan lebih akurat menerima tekanan. LG Innotek juga mengkombinasikannya dengan 13 paten teknologi yang dimilikinya di Korea Selatan.

sensor tekanan dengan bahan tekstil fleksibelBerbagai penerapan teknologi sensor tekanan dengan bahan tekstil fleksibel

Pengembangan sensor tekanan dengan bahan tekstil fleksibel ini rencananya dapat di terapkan untuk berbagai produk seperti sarung tangan, kursi dan peralatan lain yang langsung berinteraksi dengan tubuh manusia. Bahkan sensor tekanan baru ini juga memungkinkan untuk penerapan teknologi dan fitur terbaru yang memaksimalkan data informasi tekanan di berbagai area seperti sektor kesehatan juga otomotif.

Di sektor kesehatan, sensor ini akan dapat meningkatkan akurasi dari telemedicine. Yaitu ketika pasien mengenakan perangkat dengan sensor ini atau ketika pasien sedang berjalan di karpet sehingga dapat terdeteksi mengenai keseimbangan dan kondisi tubuhnya, dan perangkat tersebut akan secara otomatis langsung mengirimkan datanya ke rumah sakit atau pusat kesehatan terkait lainnya.

Dan jika kita menrapkan sensor ini ke alat olahraga, kita bisa mendapatkan informasi detail untuk meningkatkan latihan kita. Misalnya sensor akan mendeteksi tekanan dari tangan kita ke gagang stik golf, raket atau alat lainnya dan merekomendasikan posisi genggaman yang ideal. Dan informasi ini akan terkirim langsung ke smartphone melalui koneksi internet cepat seperti 4G LTE.

sensor tekanan dengan bahan tekstil fleksibel ini juga bisa diterapkan pada industri otomotif untuk meningkatkan keamanan dan kenyaman kendaraan, misalnya sensor akan mendeteksi postur tubuh dan berat badan untuk kemudian menyarankan posisi jok kendaraan yang ideal dan tepat untuk kita.

Dan jika sensor tekanan dengan bahan tekstil fleksibel ini diterapkan pada sebuah kursi, maka sensor ini akan secara otomatis mendeteksi semua informasi tubuh kita bedasarkan tekanan yang diberikan ketika duduk, dan data akan dikirimkan ke smartphoen untuk memberikan informasi mengenai tubuh yang ideal guna memaksimalkan kesehatan.

Sensor tekanan dengan bahan tekstil fleksibel ini memiliki daya tahan yang cukup baik di berbagai kondisi. Sensor ini dapat bekerja secara normal hingga 240 jam mulai dari kondisi 40 derajat hingga 80 derajat dibawah nol. Dan sensor ini juga tetap akan berfungsi dengan baik dengan beban tekanan rata-rata 70kg berat badan yang menduduki sensor hingga 100.000 kali.