ArenaLTE.com – Lenovo telah meluncurkan secara komersial aplikasi transportasi trasit di Tiongkok dengan sistem pembayaran dan layanan penyelesaian elektronik dengan pihak provider BMAC (Beijing Municipal Administration and Communications Card). Aplikasi transportasi ini ditanam secara khusus dalam smartphone Lenovo X3 yang disokong teknologi eSE PEARL dari OT (Oberthur Technologies).

Dikutip dari Telecomasia.net (21/10/2016), persisnya OT chip NFC (Near Field Communication) sebagai secure element pada Lenovo X3. Nah, pengguna smartphone Lenovo X3 untuk selanjutnya dapat menginstall Beijing Municipal Administration Traffic Card di aplikasi transportasi pada smartphone tersebut. Alhasil pengguna smartphone yang bertindak sebagai pengguna jasa dapat memanfaatkan transaksi tiket cukup dengan melambaikan smartphone di depan terminal contactless transit.

Teknologi PEARL digambarkan sebagai yang paling canggih saat ini, persisnya berkat adopsi advanced embedded Secure Element. Hal ini memungkinkan penyebaran yang mudah dari pembayaran yang aman pada contactless seluler, layanan transit, aplikasi pemerintah dan otomotif, serta akses yang aman ke layanan online untuk pasar enterprise dan konsumen.lenovo card

Pada proyek ini, OT memberikan Management System Key untuk Lenovo dalam mengelola domain keamanan pada PEARL di mana mitra dapat memuat, menginstal dan menjalankan aplikasi mereka.

Baca juga:
Mengungkap Penerapan Teknologi LTE Untuk Kereta Api
LTE Railway, Cara Huawei Gelar Akses Internet Super Cepat di Jalur Kereta
Ini Manfaat Jasa Transportasi Online Bagi Pengguna, Driver dan Pelaku Industri

Dalam sistem kerjanya, masih ada pihak ketiga yang dilibatkan, yakni Via, perusahaan yang juga dari Tiongkok yang menyajikan layanan secure hub. Platform dari Via menjalankan koneksi antara manufaktur handset (Lenovo) dan mitra mereka di berbagai kota. Sementara pihak OT juga menjamin konektivitas antara Lenovo dengan pihak BMAC.

“Tiongkok sering berada di garis terdepan dalam penerapan teknologi baru, dan bersama Lenovo kini disajikan aplikais transit yang nyaman, aman dan mudah digunakan oleh semua orang dalam aplikasi BMAC. OT dengan teknologi PEARL mengedepankan apa yang disebut komponen tunggal untuk mendukung transportasi massal di Tiongkok,” ujar Viken Gazarian, deputy managing director of the connected device makers business OT (Oberthur Technologies).