ArenaLTE.com – Samsung baru saja mengungkap flagship anyar mereka Galaxy Note 7. Smartphone ini membawa banyak teknologi dan fitur terbaru serta perubahan yang cukup revolusioner dari pendahulunya. Salah satunya adalah teknologi iris scanner atau pemindai  iris mata yang diklaim Samsung segera menular ke segmen menengah.

Boleh jadi Samsung Galaxy Note 7 disisipi banyak  fitur yang belum pernah ditemukan dalam keluarga Note generasi sebelumnya. Tapi fitur paling gres bernama iris scanner lah yang akan segera menyusup dalam jajaran ponsel kelas menengah mereka. Meskipun realisasinya belum diungkap.

Iris Scanner
BACA: 7 Fitur Utama Samsung Galaxy Note 7

Seperti diketahui, Galaxy Note 7 juga mempunyai pemindai iris yang berfungsi penting di sektor keamanan khususnya dalam otentikasi pengguna dan perlindungan saat membuka kunci layar. Sebenarnya ini bukan kali pertama Samsung mengimplementasikan teknologi untuk otentikasi biometrik pada perangkat besutannya.

Awal tahun, vendor ini pernah merilis Galaxy Tab Iris yang sudah mengusung pemindai iris. Namun, seri ini lebih menyasar kalangan perbankan dan pemerintahan. Sementara, Galaxy Note 7 adalah smartphone massal yang cenderung lebih mudah diakses publik.

Itu sebabnya, Samsung rela meluangkan waktu lebih banyak demi menyempurnakan teknologi baru ini di Galaxy Note 7. Presiden Samsung Mobile, DJ Koh mengungkapkan jika Samsung menghabiskan waktu tiga tahun melakukan penelitian dan menyempurnakan teknologi pemindai iris mata.

Secara teori, lanjut Koh, pemindai iris mata adalah teknologi biometric paling aman saat ini. Seperti dikutip dari ZD Net, raksasa ponsel Korea Selatan ini berencana memberi kesempatan buat pengembang pihak ketiga memakai pemindai tersebut bersama dengan API. Samsung kemungkinan bakal berpartner dengan bank dan institusi keuangan sehingga pelanggannya bisa menjadikan transaksi tambah aman.

Tak hanya itu, dalam acara peluncuran Samsung Galaxy Note 7, perwakilan Samsung menyatakan jika pengguna segera bisa memakai pemindai iris untuk bertransaksi via Samsung Pay. Samsung juga mengungkap kemungkinan pemindai iris dibenamkan dalam model smartphone kelas menengah. Sehingga tingkat keamananan Android menjadi lebih baik serta teknologi ini bakal semakin mudah diakses lebih banyak kalangan.

Koh sendiri yang mengungkapkan rencana perusahaannya untuk teknologi baru ini. Ada kemungkinan jika pemindai iris mata juga segera menyusup di smartphone kelas menengah Samsung. Meski begitu, belum ada informasi lebih detil kapan hal ini bisa segera terealisasi.

Dalam Galaxy Note 7, pemindai sidik jari berfungsi untuk mendongkrak level keamanan. Bersama dengan sensor sidik jari dan opsi unlock layar lain seperti password atau PIN. Iris scanner juga bisa dipakai untuk membuka Secure Folder dan mengakses konten yang disimpan dalam ponsel.