ArenaLTE.com – Tidak jauh dari pesisir California, Amerika Serikat, terdapat sebuah budi daya perairan yang mengkhususkan diri pada kerang. Uniknya pertanian laut ini menggunakan perangkat internet of things (IoT) untuk memudahkan budidaya kerang mereka. Pemanfaatan Internet of Things di industri perikanan bermaksud untuk meningkatkan budidaya kerang komersial yang secara bersamaan meningkatkan kesehatan ekosistem perairan.

Catalina Sea Ranch adalah peternakan kerang lepas pantai pertama yang mendapatkan otoritas pemerintah federal untuk beroperasi di perairan Amerika Serikat. Dari seluruh spektrum teknologi, iOT dianggap mampu memenuhi kebutuhan untuk peternakan bawah air.

Secara teknis, implementasi Internet of Things di industri perikanan California tersebut implementasinya adalah menyebarkan pelampung (buoy) yang mengapung di atas tambak kerang di kedalaman 150 kaki. Buoy yang dilengkapi jaringan seluler ini akan mengumpulkan data tentang jumlah plankton, salinitas air, suhu dan tingkat pertumbuhan kerang. Sistem lalu akan mengirim data ke pusat perusahaan budidaya laut ini. Data akan diolah untuk efisiensi budidaya kerang di Amerika Serikat.

Selanjutnya, router mengirimkan data dari buoy, sensor, dan perangkat lain ke penyimpanan awan milik Verizon. Sehingga perusahaan budidaya laut dan peneliti lainnya – seperti fakultas universitas lokal dan mahasiswa – dapat mengakses data yang dikumpulkan.

Ke depannya, Catalina Sea Ranch mengkaji empat drone yang bisa masuk ke bawah air untuk terbang ke koordinat GPS tertentu. Secara berkala mengukur jumlah plankton, suhu air, keasaman, dan rincian lainnya, dan memberikan data ini untuk analisis.

“Penggunaan Internet of Things di industri perikanan penting karena AS saat ini sedang defisit dalam perdagangan olahan laut,” ujar Phil Cruver, CEO Catalina Sea Ranch. “Tujuan kami adalah untuk meningkatkan budidaya laut setelah kami menyebarkan pelampung cerdas dan menjalankan jaring sensor. Seiring waktu kita akan melihat peningkatan hasil produksi laut. ”

Penggunaan Internet of Things di industri perikanan sebenarnya juga dapat diterapkan di Indonesia. Terlebih pemerintah saat ini tengah menggalakan budidaya perairan nusantara. Menurut sebuah studi oleh USAID, dibandingkan dengan sektor lain dari ekonomi pangan dunia, sektor perikanan dan budidaya laut sampai saat ini kurang terencana, dan seringkali terabaikan.