ArenaLTE.com – Umumnya kita mendengar jaringan 4G LTE (Long Term Evolution) dimanfaatkan sebagai sistem koneksi  mobile broadband yang menghubungkan antara sisi terminal (smartphone) dengan jaringan seluler. Namun, seiring kemampuan throughput data 4G LTE yang cukup besar, ada upaya untuk menjadikan fungsi LTE sebagai koneksi backhaul.

VT iDirect (iDirect), sebuah perusahaan dari Vision Technologies Systems, belum lama ini telah mengumumkan untuk melakukan uji LTE  seluler sebagai backhaul. Dengan menggunakan aplikasi dari SpeedCast, dapat dicapai throughput yang lebih tinggi dari 400 Mbps. iDirect mengatakan tes laboratorium dengan SpeedCast menunjukkan lalu lintas LTE yang dikirimkan melalui terminal iDirect SatHaul mencalai kecepatan lebih dari 350 Mbps downstream dan 90 Mbps upstream.

Demo memanfaatkan teknologi DVB-S2X iDirect, yang memungkinkan kecepatan data lebih agresif untuk menawarkan layanan yang dikelola dan dirancang untuk memperluas jangkauan jaringan selular. VT iDirect adalah perusahaan komunikasi berbasis IP Satellite yang berbasis di Virginia, AS. Saat ini iDirect telah melayani akses internet berbasis satelit di 50 negara.

Sebelumnya pada bulan Januari lalu, KT, salah satu operator terkemuka di Korea bersama dengan Nokia melakukan ujicoba eMTC atau Enhanced Machine Type Communication. Teknologi radio yang memungkinkan penanganan kasus konektivitas Internet of Things dengan tingkat data menengah. Ini adalah ujicoba pertama kalinya di dunia dan menawarkan sebuah platform solid untuk mempromosikan aplikasi layanan-layanan yang telah tersebar luas yang ditenagai oleh teknologi IoT (Internet of Things) dengan cara mengatasi keterbatasan-keterbatasan yang menghambat penyebaran serta jangkauannya.

“Dengan ujicoba ini, kami telah sukses mendemonstrasikan kapabilitas LTE sebagai backbone yang sesungguhnya untuk kasus-kasus penggunaan IoT yang jumlah terus meningkat,” ujar Andrew Cope, Pimpinan Nokia Korea menjelaskan.