ArenaLTE.com – Corning baru saja mengungkap model panel kaca proteksi terbarunya yang disebut Gorilla Glass 5. Kaca pelindung yang diperkuat secara kimiawi ini mampu bertahan alias tak pecah meski dijatuhkan dari ketinggian 1,6 meter ke permukaan keras, kasar dan solid.

Dibandingkan dengan pendahulunya, Gorilla Glass 5 mampu menghadirkan perlindungan lebih baik saat smartphone yang kita pegang terjatuh dari ketinggian sepinggang atau sebahu. Sementara Gorilla Glass 4 yang diperkenalkan Corning pada 2014 lalu menawarkan proteksi optimal saat smartphone jaatuh dari ketinggian sekitar satu meter.

corning gorilla glass 5 a
Mengutip dari sebuah studi terbaru, Corning mengungkapkan bahwa lebih dari 85% pemilik smartphone menjatuhkan perangkat mereka ini minimal sekali dalam setahun. Sementara lebih dari setengahnya atau sekitar 55% pengguna smartphone menjatuhkan perangkat mereka lebih dari tiga kali dalam setahun.

Studi yang sama mencatatkan jika 60% dari pengguna smartphone menjatuhkan perangkat mereka di level setinggi pinggang dan bahu. Dimana kejadian peristiwa tersebut terjadi saat pengguna mengambil ponsel dari saku atau saat mereka tengah menggunakan kamera.

Menurut Corning, Gorilla Glass 5 merupakan model mutakhir yang didesain memberikan perlindungan untuk skenario standar saat ponsel jatuh. Kaca pelindung yang lebih solid ini diklaim memiliki 80% kemungkinan tak pecah saat ponsel jatuh ke permukaan keras pada posisi layar menghadap ke bawah dari ketinggian 1,6 meter.
BACA: Teknologi Android Dimanfaatkan Militer Indonesia di Medan Tempur

Corning-Gorilla-Glass-5Solusi proteksi layar yang ditawarkan Corning memang cukup populer. Bahkan, tercatat jika panel pelindung tersebut dipakai lebih dari 1.800 perangkat di 40 pabrikan ponsel besar. Selama 10 tahun, lebih dari 4,5 juta perangkat yang dikapalkan ke seluruh dunia sudah menggunakan Gorillla Glass.

Gorilla Glass 5 sendiri telah memasuki ruang produksi dan sang produsen berjanji bakal memberikan informasi lebih detil dalam beberapa bulan ke depan. Artinya, dalam waktu dekat akan banyak flagship yang mengadopsi panel mutakhir dari Corning ini.