ArenaLTE.com – Umumnya kita mendapatkan koneksi internet dari modem WiFi (MiFi) ke smartphone. Tapi solusi yang satu ini justru terbalik, yaitu koneksi internet dari smartphone yang disalurkan ke modem WiFi. Inilah yang disebut sebagai GeeFi, solusi berupa perangkat yang digadang mampu memberikan akses mobile broadband 4G LTE (Long Term Evolution) dengan paket data unlimited di seluruh dunia.

Setelah koneksi internet tersalur ke perangkat GeeFi, maka modem tersebut dapat menjadi modem hotspot WiFi yang bisa menaungi koneksi sampai 10 perangkat. Jelas dengan embel-embel koneksi mobile broadband unlimited 4G di seluruh dunia, plus bisa menjadi hotspot, menjadikan GeeFi solusi yang tepat bagi para traveler dan pebisnis yang kerap bepergian ke luar negeri.

Dikutip dari situs ZDnet.com (12/10/2016), disebutkan daya tarik dari alat ini adalah karena mampu menyediakan koneksi internet unlimited di 100 negara, mulai dari Australia hingga Vietnam.geefi

Pihak GeeFi mengatakan solusi yang ditawarkan saat ini beroperasi di 100 negara, dan akan terus bertambah. Mereka menyebut para wisatawan dan pebisnis dapat mengurangi biaya akses layanan komunikasi lokal, dan tak perlu lagi membayar biaya roaming yang mahal.

Untuk bisa menikmati akses ini, pengguna hanya dirogoh koceknya sebebesar US$10 untuk akses internet 24 jam unlimited bandwidth. Dengan mengandalkan platform koneksi dari smartphone, maka layanan ini dapat terus terhubung, mengingat pengguna dengan mudah melakukan isi ulang (charging).

Nah, tentu yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara kerjanya? GeeFi tetap terkoneksi dengan menara BTS 4G LTE operator seluler. Bila tidak didapatkan cakuran 4G, maka ototmatis sistem akan turun ke 3G. “Bahkan ketika nanti 5G tersedia, sistem GeeFi bisa langsung dapat berjalan,” ujar Roger Green, Chief Marketing Office GeeFi.

Lepas dari kemampuan pada smartphone, modemnya bisa menngakomodir kecepatan akses hingga 150 Mbps. Meski dalam realita yang didapatkan per pengguna ada di kisaran 15 Mbps.

Karena beroperasi lintas negara, sudah barang tentu pengelola harus bekerjasama dengan operator lokal. Diantara yang sudah digandeng adalah Verizon di Amerika Serikat, Singtel di Singapura, Optus di Australia, dan sebagainya. Sayangnya dari 100 negara mitra coverage GeeFi, nama Indonesia belum ada dalam list.

Secara fisik, perangkat ini punya dimensi 145 x 85 x 15.6mm dan berat 210 gram. Dengan kapasitas baterai 5000 mAh, modem ini dapat bertahan sekitar 5 jam. Dilaporkan hampir seribu perangkat telah terjual dengan harga bandrol per unitnya US$150. Untuk proses pendanaan, GeeFi menggunakan jalur Kickstarter.