ArenaLTE.com – Setelah mengembangkan teknologi otonom pada Google Car, akhirnya Google merasa butuh untuk bekerjasama dengan sebuah pabrikan mobil. Dan berita terbaru menyebut Google dan Fiat Chrysler Automobiles NV telah sepakat untuk bekerjasama membangun armada 100 mobil minivan tanpa pengemudi.

Perjanjian tersebut menandai pertama kalinya Google bekerjasama langsung dengan sebuah produsen mobil “untuk mengintegrasikan sistem swa-kemudi, termasuk sensor-sensor dan perangkat lunaknya, ke dalam kendaraan berpenumpang,” ujar kedua perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan, dikutip dari situs Ubergizmo.com (4/5/2016).

Para insinyur Google dan Fiat Chrysler akan bekerjasama untuk mencocokkan teknologi kemudi otonom Google dengan minivan Pacifica. Beberapa insinyur untuk kedua perusahaan akan berkolaborasi di sebuah fasilitas di negara bagian Michigan, tempat Fiat Chrysler memiliki pusat teknis besar di Amerika utara.

Menurut Google, dari kerjasama ini mereka berencana untuk menambah jumlah produksi kendaraan Chrysler Pacifica yang berjenis hybrid minivan di akhir tahun ini. Keduanya telah sepakat untuk bekerjasama membangun armada 100 mobil minivan tanpa pengemudi.

“Dalam beberapa bulan mendatang, tim kami akan bekerjasama dengan para ahli dari Fiat Chrysler,” kata Google dalam pernyataan mereka. Pengalaman kerjasama ini tentu saja akan membantu kedua tim lebih memahami bagaimana membuat mobil seutuhnya dengan teknologi self driving yang dapat membawa penumpangnya dari A ke B hanya dengan sentuhan tombol.

Namun Google mengatakan tidak akan berbagi hak milik teknologi kendaraan swa-kemudi dengan Fiat, dan kendaraan-kendaraan tersebut tidak akan dijual untuk publik.  Persetujuan antara Google dan Fiat Chrysler terjadi di saat pesaing mereka di bidang teknologi dan otomotif mempercepat upaya untuk menguasai perangkat keras yang rumit dan sistem intelijensi buatan yang harus ada untuk memungkinkan kendaraan mengemudi sendiri.