Dengan adopsi LTE, Ford Sync Connect menawarkan beberapa hal baru, seperti aplikasi remote lock, pemeriksaan kondisi kendaraan secara otomatis, pemantauan lokasi kendaraan dan sebagainya.

 

ArenaLTE.com – Di LA Auto Show yang berlangsung pada minggu lalu, Ford telah mengumumkan kehadiran Sync Connect. Teknologi konektivitas mobil ini mendukung layanan berbasis LTE yang dihadirkan pada seri Ford Escape 2017.

Faktanya, kebanyakan mobil Ford yang dijual di AS sudah mendukung layanan WiFi. Namun dengan adopsi LTE, fitur Ford Sync Connect menawarkan beberapa hal baru, seperti aplikasi remote lock dari jarak jauh, pemeriksaan kondisi kendaraan secara otomatis, pemantauan lokasi kendaraan berbasis LBS (location based service), yang dirancang memudahkan menemukan mobil saat parkir di mall berukuran besar.

Ini bukan pertama kali Ford menghadirkan konektivitas seluler pada kendaraan, contohnya seperti penerapan plug-in hybrids dan Lincoln models. Namun pengumuman integrasi dengan 4G LTE merupakan penyebaran yang lebih maju, terlebih pada jenis Ford Escape, dimana kendaraan ini banyak digunakan di lingkungan perusahaan dan pribadi.

Kehadiran LTE pada layanan Ford Sync Connect tentu melibatkan peran operator, dalam hal ini Ford menggandeng operator AT&T untuk menyokong aplikasi telepon berbasis Android dan iOS. Dalam penawarannya, paket mencakup lima tahun layanan gratis. Meski setelah lima tahun tidak dijelaskan apa akan berlaku tentang tarif dan kebijakan lainnya.

Aplikasi Ford Sync Connect (Foto:
Aplikasi Ford Sync Connect (Foto: Intrendio.com)

Asupaan teknologi LTE kini telah menjadi magnet tersendiri dalam industri otomotif. Kebanyakan manufaktur menganggap adopsi LTE bisa menjadi lambang kemajuan atas adaptasi teknologi integrasi di dalam kendaraan. Riuhnya penggunaan LTE pada kendaraan, khususnya untuk pasar AS dimulai saat GM (General Motors) menghadirkan Chevrolet LTE pada tahun 2014 silam. Konsep mobil berteknologi LTE ini kemudian menarik perhatian operator untuk ikut terlibat dalam pengembangan-pengembangan selanjutnya.