ArenaLTE.com – Ericsson baru saja mengumumkan rencana menggunakan software baru untuk upgrade jaringan 4G LTE komersial di seluruh dunia. Memungkinan kecepatan akses hingga 1 gigabit per detik. Solusi Ericsson Networks Software 16B ini meliputi three-component carrier (3CC) aggregation, mengkombinasikan bandwith 60MHz dari tiga band spektrum yang berbeda; 4×4 multiple-input multiple-output (MIMO); 256 Quadrature Amplitude Modulation (QAM); dan Ericsson Lean Carrier.

Menurut vendor jaringan ini, kombinasi fitur dari empat software tersebut mampu menghasilkan 100 persen peningkatan downlink peak data rate ketimbang hanya menggunakan 3CC aggregation. Ericsson akan mendemonstrasikan Ericsson Networks Software 16B di perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2016 di Barcelona, Spanyol dalam waktu dekat ini.

Perusahaan ini juga melengkapi jajaran radio system-nya yang sudah diungkap pada perhelatan MWC tahun lalu. Dengan tiga produk baru, masing-masing mendukung 4×4 MIMO, band spektrum baru atau refarmed spectrum. Radio 4415 mendukung 4×4 MIMO dengan 4x 40W output power, sementara Radio 2012 mendukung downlink band tambahan 1.4GHz dan Radio 2212 kini memiliki 2x 80W output power yang memungkinkan spektrum diupgrade ke 3G atau 4G dari 2G.

“Kombinasi software, hardware dan invoasi arsitektur jaringan terbaru kami yang didukung Ericsson Radio System memberi jaminan bahwa operator yang menjadi konsumen kami bisa terus memuaskan pelanggan mereka sambil menjaga performa jaringan dan meingkatkan efisiensi seiring evolusi menuju 5G,” ujar Arun Bansal, Senior Vice President and Head of Business Unit Radio Ericsson di sela-sela live webcast yang dihadiri ArenaLTE kemarin (3/2/2016).

Menurut Arun, Gigabit LTE, Elastic RAN, akses radio baru dan produk microwave backhaul semuany didesain untuk memantu operator menjadi yang terdepan di pasar mereka. Perusahaan menambahkan beberapa kemampuan ke dalam Radio System-nya: Multi-band Booster; Mini-Link 6651 indoor unit; Mini-Link 6354 outdoor unit; dan antena High Performance Compact untuk Mini-Link 6363, Mini-Link 6352, dan Fronthaul 6392.