ArenaLTE.com – Dengan basis keunggulan konektivitas, adaptas teknologi i 4G LTE (Long Term Evolution) nyatanya dapat diterapkan dalam beragam hal, termasuk mendukung dunia broadcast (penyiaran). Seperti baru-baru ini Ericsson, vendor jaringan asal Swedia dan MTS, perusahaan telekomunikasi asal Rusia, berhasil menggelar uji coba mengadakan siaran langsung dengan LTE Broadcast di kantor pusat MTS di kota Nizhny Novgorod, Rusia. Dalam uj coba ini, konten video didistribusikan dari kota  Aachen, Jerman. Teknologi distribusi konten video mengusung solusi end-to-end LTE Broadcast dari Ericsson.

Dalam proyek uji coba yang fenomenal ini, Ericsson dan MTS turut melibatkan Qualcomm sebagai penyedia  sistem chipset dan prosesor. Keterlibatan Qualcomm dalam Live LTE Broadcast yakni sebagai penyedia pra konfigurasi pada perangkat terminal yang menggunakan integrasi modem LTE X10 dengan sokongan prosesor  Qualcomm Snapdragon 810.
Baca:Ericsson: Ekosistem 4G LTE Indonesia Akan Siap Akhir Tahun 2015

LTE Broadcast memberikan pengalaman video baru, menawarkan siaran video dengan kualitas siaran tertinggi melalui jaringan LTE dan memungkinkan bentuk layanan baru berbasis video. Di saat proses berlangsung, upaya ini turut membantu bagi penyedia layanan untuk mengoptimalkan sumber daya jaringan dan spektrum yang tersedia. Layanan ini menggunakan teknologi Single Frequency Network, seperti DVB-T untuk mendistribusikan sinyal ke penerima dengan jumlah yang tak terbatas. Pengguna hanya perlu sebuah aplikasi LTE Broadcast yang diinstal pada perangkat mereka untuk mengakses layanan ini.

Selama pengujian, perangkat menerima feed video yang berbeda. Keunggulan fitur dalam pengujian ini mengandalkan keunggulan prosesor Snapdragon 810 dengan modem X10 LTE yang menampilkan solusi LTE Broadcast Qualcomm Technologies komprehensif untuk evolved Multimedia Broadcast Multicast Layanan (eMBMS). Solusinya yang ditawarkan dari sisi Qualcomm menampilkan chipset broadcast middleware, multimedia services, dan proven interface untuk pengembangan aplikasi LTE Broadcast. Selain itu, modem X10 LTE mendukung kecepatan download hingga 450 Mbps bahkan dalam intensif penggunaan video streaming 4K.

Andrei Ushatskiy, MTS Vice President, Technology and IT dalam siaran persnya mengatakan, “Teknologi broadcast memasuki era baru di Rusia dan MTS bermaksud untuk memimpin proses ini melalui peningkatan teknologi LTE Broadcast.”

Fleksibilitas dan kemampuan LTE Broadcast menjadi media yang ampuh bagi operator untuk menciptakan daya tarik konten dan beragam peluang layanan baru di era digital mobile. Berdasarkan laporan Ericsson ConsumerLab terbaru, 50 persen konsumen di Rusia menggunakan smartphone untuk menonton TV dan video, dan 37 persen diantaranya siap untuk membayar video dengan kualitas HD (High Definition).

LTE Broadcast adalah single-frequency network (SFN) dalam mode siaran yang menjadi bagian dari standar 3GPP LTE yang dikenal sebagai  evolved Multimedia Broadcast Multicast Service (eMBMS). Teknologi ini berasal dari perluasan Evolved Pocket Core (EPC) dengan sistem point to multipoint.

Foto ilustrasi: ee.co.uk