ArenaLTE.com – Chevrolet tahun lalu telah meluncurkan aplikasi dan akses internet 4G LTE (Long Term Evolution) ke dalam dashboard kendaraannya. Wujudnya berupa penempatan WiFi hotspot dengan koneksi 4G di dalam mobil, dan kabar terbaru yang dirilis bulan Juni ini, manufaktor otomotif asal Negeri Paman Sama ini menyebut telah menjual 2,1 juta kendaraan yang punya kemampuan koneksi 4G LTE.

Seperti dikutip dari Mashable.com, meskipun penerimaan data 4G telah berhasil, pada kenyataannya mayoritas driver SUV (sport utility vehicle) menggunakan hotspot mereka di dalam kendaraan. Merespon hal tersebut, Chevrolet tertarik untuk membuat paket data yang lebih mudah diakses dan penggunaan yang lebih luas serta menyebar.

chevrolet 4g lte

Chevrolet saat ini menawarkan empat paket data yang berbeda. Pada paket paling rendah, pembeli dapat memilih 1 GB per bulan senilai US$10 per bulan – turun dari US$20 per bulan. Di ujung atas, pelanggan dapat melangkah naik ke paket 10 GB untuk rencana 12 bulan untuk 20 GB, dengan harga US$150.

Chevrolet meluncurkan solusi 4G LTE pada konferensi pers saat ajang CES (Consumer Electronics Show) di Las Vegas, saat itu mereka mengumumkan bahwa kendaraan buatan mereka mulai 2015 akan hadir dengan Chevrolet AppShop. Fitur ini akan memberikan pengemudi akses gratis untuk musik, podcast dan aplikasi perjalanan yang semuanya dirancang untuk digunakan di dalam mobil.

Perusahaan otomotif yan pernah punya pabrik mobil di Bekasi ini juga menggunakan koneksi 4G LTE ini untuk mengunduh aplikasi dan diagnostik kendaraan. Saat peluncuran, AppShop akan menampilkan streaming audio dari iHeartRadion, NPR, Slacker, TuneIn, dan Kaliki. Sementara Glympse, memungkinkan pengemudi berbagi lokasi mereka dengan orang lain termasuk perkiraan waktu kedatangan. Fitur-fitur ini akan semakin banyak setelah para pengembang bekerjasama dengan GM untuk mengesahkan aplikasi baru di dalam mobil.

Menurut Chevrolet, AppShop akan hadir pada kendaraan yang dilengkapi sistem infotainment MyLink, di antaranya adalah Chevrolet Corvette, Equinox, Impala, Malibu, Volt, Silverado dan Silverado HD.  Sementara OnStar 4GLTE terlebih dahulu tersedia pada Corvette, Impala, Malibu dan Volt, dan kemudian pada Equinox, Silverado, Silverado HD, Spark dan Spark EV.