ArenaLTE.com – Generasi terbaru flagship Samsung Galaxy Note 7 telah resmi dihadirkan perusahaan. Banyak fitur baru yang ditonjolkan, namun ada beberapa fitur tersembunyi yang sebenarnya cukup berguna. Salah satunya adalah fitur Blue Light Filter atau penyaring cahaya biru.

Fitur ini diungkapkan Google akan dihadirkan dalam sistem operasi terbaru Android 7 Nougat yang sampai sekarang masih belum dirilis dan masih tahap beta. Nah, Samsung berupaya mendahuluinya dengan mengimpementasikannya di Note 7 yang memakai sistem operasi Android 6 Marshmallow. Tapi sebenarnya Note 7 bukanlah yang pertama mengadopsi fitur ini. Karena smartphone Asus Zenfone 2 series sudah menggunakannya sejak dirilis tahun 2015 yang lalu. Begitupun iPhone yang memberi nama fitur ini dengan Night Mode.

Apa pentingnya fitur Blue Light Filter? Penyaring cahaya biru tersebut berguna untuk membuat mata kita lebih nyaman. Tingkat overexposure cahaya bisa lebih dipadamkan sehingga mata tidak akan terlalu tegang akibat cahaya berlebih tersebut saat menatap layar.

 

Mengapa cahaya biru harus disaring? Karena dianggap bukan jenis cahaya terbaik untuk mata manusia. Bahkan cahaya biru dari layar elektronik terutama smartphone yang sudah menjadi bagian penting kehidupan kita, ini bisa berdampak lebih buruk. Efeknya terasa saat mata menatap layar dalam jangka waktu lama, terlebih di malam hari, yang mengakibatkan sulit tidur.

Filter Blue Lighting

 

Di Samsung Galaxy Note 7, fitur Blue Light Filter ini bisa ditemui dalam menu pengaturan tampilan. Filter cahaya biru dapat dilihat pada bagian bawah menu pengaturan tingkat cahaya layar, fitur yang dapat dioperasikan dengan hanya melakukan klik atau menggeser tombol aktif dan nonaktif toogle langsung. Fiter cahaya biru layar juga bisa diaktifkan melalui menu akses cepat pada layar.