ArenaLTE.com – Siapa yang tak kenal Toyota, manufaktur otomotif terbesar di Jepang ini memang merajai banyak segmen kendaraan di dunia. Seperti halnya manufaktur otomotif lain, Toyota juga sudah jauh-jauh hari mulai mengembangkan  connected cars dan segala macam kaitan yang terkait fitur masa depan kendaraan. Tapi perlu dicatat, sampai saat ini belum ada satupun kendaraan keluaran Toyota yang dibekali platform OS Android Auto.

Tentu bagi Google itu menjadi tantangan tersendiri, segala upaya dilakukan untuk menaklukan Toyota. Mengutip dari situs Ubergizmo.com (13/7/2016), belum lama ini Google telah meluncurkan Android Auto di Jepang. Android Auto adalah  sistem operasi untuk fitur entertaiment mobil yang mulai dirilis tahun 2015. Android Auto ditanam pada mobil dengan user interface pada bagian dashboard mobil. Fungsi utama Android Auto ini adalah menghubungkan pengemudi dengan smartphone mereka saat mengemudi dengan aman. Pada dasarnya segala perintah dilakukan dengan cara berbicara kepada Android Auto ini dan aplikasi ini dapat melakukan perintah yang disuruh dengan tepat dan cepat.

Hadirnya Android Auto diharapkan mampu mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang sibuk mempergunakan smartphone mereka saat mengemudi. Fitur-fitur yang ada pada Android Auto antara lain adalah peta diital, navigasi Google Maps, pesan teks dan juga Play Music. Selain itu Android Auto juga kompatibel dengan tombol-tombol yang ada pada dashboard dan juga stir pengemudi.

Dengan diluncurkannya Android Auto di Jepang, maka kini ada 30 negara yang telah didukung operasional OS ini. Selain membidik Toyota, Google juga berharap ada manufaktur otomotif Jepang lainnya yang tertarik mengadopsi Android Auto. Sampai saat ini Android Auto telah hadir di 40 merek otomotif,  seperti Honda, Audi, Ferrari, General Motors, Hyundai, KIA dan Volkswagen. Terkait dengan langkah pemasaran di Negeri Sakura, Google kini telah menggandeng Nissan dan Panasonic untuk memprsiaplan head unit untuk dukungan pasca penjualan di Jepang.