ArenaLTE.com – Tak bisa dipungkiri, sebuah toko belanja online membutuhkan sebuah metode transaksi secara online yang cepat dan mudah. Ketika penggunaan password sebagai keamanan mudah dibobol oleh penjahat cyber, berbagai perusahaan mulai mencari berbagai metode alternatif lain untuk melakukan verifikasi dan identifikasi pengguna.

Baru-baru ini Amazon mematenkan sebuah metode baru pembayaran yang unik di situs belanja online mereka, jadi konsumen dapat melakukan belanja online dan pembayaran cukup dengan melakukan selfie melalui smartphone.

Tren selfie menggunakan smartphone dikolaborasikan oleh Amazon ke dalam transaksi online. Jika dilihat dari metode selfie yang dipatenkan oleh Amazon ini, sebuah software deteksi wajah di implementasikan sehingga mereka harus menggunakan wajah mereka sebagai pengganti password untuk menyelesaikan proses transaksi. Jadi bisa dibilang mirip dengan pendeteksi sidik jari namun menggunakan wajah kita.

Teknologi ini diharapkan mampu menghindari terjadinya pencurian password atau transaksi palsu yang dilakukan oleh robot atau pihak tidak bertanggung jawab lainnya. Bukan hanya itu, pengunaan password untuk menyelesaikan transaksi online juga dirasakan kurang nyaman apalagi jika menggunakan perangkat berlayar kecil seperti smartphone. Belum lagi akan terasa tidak nyaman jika kita harus menyembunyikan tampilan layar smartphone agar password kita tidak diketahui oleh orang lain.

aplikasi selfie windows phone

Namun tantangan lain muncul ketika harus menggunakan foto selfie untuk melakukan transaksi dan pembayaran belanja online seperti ini karena bisa saja seseorang memegang foto wajah sesorang di depan kamera untuk melakukan proses pendeteksian wajah seolah-olah sedang melakukan selfie.

Untuk mengatasi hal ini, Amazon menghadirkan solusinya. Seperti yang dipatenkan oleh Amazon, ketika melakukan proses pembayaran belanja online menggunakan cara selfie dengan smartphone, pengguna harus melakukan beberapa gerakan wajah seperti tersenyum atau mengedipkan sebelah mata. Cara ini tidak hanya untuk mengidentifikasi pengguna secara personal namun juga untuk memastikan bahwa yang sedang melakukan transaksi adalah orang sungguhan bukan robot atau foto.

Metode pembayaran belanja online dengan melakukan selfie ini bukan pertama kali dilakukan, hal ini juga pernah dilakukan oleh e-Bay. Master Card juga sedang melakukan sebuah program ujicoba selfie ketika melakukan proses transaksi untuk konfirmasi identitas. Akan kah metode pembayaran belanja online dengan cara selfie ini juga akan digunakan oleh toko online yang ada di Indonesia?