ArenaLTE.com – Tanggal 1 Januari 1970 menjadi waktu kelam bagi perangkat Apple. Apa sebab? Karena jika pengguna perangkat basis iOS seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch melakukan setting persis di waktu tersebut, maka siap ucapkan selamat tinggal pada perangkat kesayangan Anda. Hal ini diungkapkan karena adanya permasalahan bug yang terjadi pada sistem di iOS tersebut.

Seperti dilansir dari laman Macrumors, Selasa (16/2/2016), Apple resmi mengakui bahwa waktu settingan ‘1970’ adalah bug yang akan mempengaruhi perangkat yang mendukung sistem 64-bit, baik pada iPhone, iPad, maupun pada iPod Touch.

Namun demikian, dalam rilis resmi perusahaan juga mengungkapkan, update software iOS mendatang akan bisa mencegah dan mengatasi pemasalah ini nantinya. Disebutkan dalam situs, bahwa ketika pengguna melakukan pengaturan perangkat pada waktu tersebut, dengan persis melakukan setting ditanggal 1-Januari-1970 akan membuat perangkat crash.

Pengaturan manual pada perangkat di waktu tersebut, akan menyebabkan sistem untuk melakukan reboot secara terus menerus. Perangkat yang akan mengalami boothing secara terus menerus, akan langsung menyebatkan perangkat menjadi bricking. Sebuah kondisi yang tidak akan bisa membawa perangkat untuk masuk dalam ke sistem, hal tersebut diungkapkan sebagai mati total.

Belum ada kejelasan dari perusahaan perihal cara perbaikannya, karena meski dilakukan pemulihan dari iTunes di mode DFU tidak bisa berjalan untuk mengatasi sistem crash. Namun, seorang Programmer TomScot dalam video reviewnya di Youtube, mengungkapkan bahwa pengaturan tanggal tersebut merupakan settingan ‘0’ dalam waktu Unix.

Dalam pengaturan tanggal yang dibaca sistem sebagai pengaturan Unix, merupakan uraian sebagai bilangan bulat sehingga mengakibatkan underflow pada perangkat. Scot menjelaskan, bahwa Apple harus mengembalikan integrer negatif dengan nilai maksimum, atau membuat tanggalan yang lebih lama sekira 20 kali lebih lama dari tanggalan sistem yang biasanya.