ArenaLTE.com – Di ajang Computex 2016 yang digelar di Taipei, Taiwan, Asus melakukan gebrakan. Untuk pertama kalinya, perusahaan yang memang berbasis di Taiwan ini meluncurkan robot bernama Asus Zenbo yang bisa bekerja layaknya asisten rumah tangga yang cerdas. Bentuknya yang mungil dan membulat seperti bola dengan kepala di atasnya mengingatkan pada karakter BB-8 Droid yang ada di film franchise Star Wars.

Asus Zenbo menawarkan beragam bantuan untuk memudahkan ‘hidup’ sang majikan. Meski berukuran mungil, Zenbo dapat bergerak dinamis dan dilengkapi prosesor yang membuatnya sanggup menjadi asisten setia penggunanya.

Asus merancang Zenbo untuk fungsi khusus, seperti menjaga kesehatan anggota keluarga lewat beragam reminder, plus Zenbo juga membantu anggota keluarga untuk saling terkoneksi secara digital satu sama lain.

Sebagai asisten rumah tangga, Zenbo disebut-sebut mampu memberikan ucapan informasi penting pada tamu, membuat janji pada dokter, memberikan obat-obatan, dan hal lain yang membantu ingatan manusia.

Tak kalah penting, Asus juga menyiapkan Zenbo untuk kondisi darurat di rumah, seperti bila ada anggota keluarga yang cedera di dalam rumah. Zenbo dapat dikerahkan untuk merespon secara cepat keadaan darurat, caranya dengan melakukan panggilan ke nomer smartphone anggota keluarga yang lain.

Hebatnya, tidak peduli dimana anggota keluarga lainnya berada, selama memegang kode akses, Ia dapat mengendalikan Zenbo lewat aplikasi di smartphone untuk menggerakkan robot ke arah anggota keluarga yang cedera, kemudian menggunakan kamera built in guna memerika secara visual kondisi anggota keluarga yang mengalami cedera tersebut.

Asus Zenbo launchBaca juga: Yuk Mengenali Kecanggihan Robot Ponsel 4G LTE Sharp RoBoHon

Jonney Shih, Asus chairman saat peluncuran mengatakan, “Zenbo kami rancang untuk menjadi jembatan atas terjadinya kesenjangan digital antar generasi di dalam anggota keluarga. Zenbo hadir untuk menjalankan berbagai tugas secara online, termasuk bisa membuat panggilan video, menggunakan media sosial, berbelanja online, menampilkan streaming film dan acara televisi. Semua bisa diaktifkan cukup lewat perintah suara (voice command).”

Nah, yang jadi pertanyaan berapa harga Asus Zenbo? Dalam acara peluncurannya di Taipei, Taiwan, Zenbo secara jelas akan dijual dengan harga US$599 (setara Rp8,1 jutaan). Harga yang dirasa wajar untuk kandungan robot secanggih ini. Tinggal yang perlu dibuktikan adalah kinerja robot saat resmi dijual ke pasar.

Untuk mengetahui seperti apa kemampuan Asus Zenbo dalam kehidupan sehari-hari, yuk kita lihat video di bawah ini: