ArenaLTE.com – Apple terus mencari cara untuk meningkatkan kemampuan earbuds mereka – termasuk membuang bagian kabel putih ikonik merekayang sering kita lihat pada iklan-iklan iPod maupun iTunes.

Dalam sebuah paten yang diterbitkan untuk umum beberapa waktu lalu, Apple nampak tengah merancang earbuds nirkabel yang menggabungkan teknologi konduksi tulang untuk meningkatkan voice communication pada perangkat.

Dilansir dari laman Appleinsider (27/8), paten earbuds Apple ini juga mempunyai berbagai sensor lain. Contohnya sebuah mikrofon internal dan accelerometer untuk lebih mendeteksi suara eksternal. Sekaligus meningkatkan kemampuan noise-cancelling dan meningkatkan pengalaman audio di telinga.

Aplikasi paten yang berjudul “System and method of improving voice quality in a wireless headset with untethered earbuds of a mobile device (Sistem dan metode untuk meningkatkan kualitas suara dalam headset nirkabel dengan earbuds untethered dari perangkat mobile),” memberi rincian berbagai konfigurasi sensor earbuds demi meningkatkan teknologi noise-canceling.

Tidak seperti sistem noise-cancelling tradisional, Apple memperhitungkan tingkat kebisingan dan angin yang terdeteksi oleh mikrofon internal pada earbud dan menggabungkan suara yang tertangkap dengan output accelerometer, tingkat baterai dan pemosisisan earbud.

Sensor inersia digunakan untuk mendeteksi getaran di pita suara pengguna, melalui getaran dari tulang dan jaringan dikepala, sementara mikrofon internal dan prosesor mendeteksi tingkat hembusan angin juga suara eksternal. Suara yang masuk otomatis hanya suara pengguna, dan menghilangkan suara latar sepenuhnya. Konfigurasi multi-sensor tersebut menentukan bagaimana mengatur tingkat audio secara otomatis untuk meningkatkan kualitas audio secara keseluruhan.

Paten earbuds ini juga bisa membantu Siri mengerti perintah pengguna secara lebih baik, karena setiap suara eksternal akan ditangkap oleh mikrofon konvensional mempengaruhi kemampuan Siri untuk memahami perintah pengguna. Teknologi noise-cancelling juga akan membantu pengguna mendengar orang lain yang lebih jelas karena akan menghilangkan suara eksternal secara keseluruhan.

Tapi jangan senang dulu, ini bukan pertama kalinya Apple mengajukan paten earbud dengan konduksi tulang. Perusahaan mengajukan paten pada Maret 2013 lalu yang sampai sekarang belum juga direalisasikan pada earbuds Apple. (bda)