ArenaLTE.com – Rekor baru dalam kecepatan pengiriman data melalui jaringan nirkabel telah dipecahkan, sebuah proyek ACCESS di Jerman telah menetapkan rekor dunia untuk transmisi data nirkabel dengan mencapai 6 Gigabits per detik (Gbps), atau bisa dikatakan setara kecepatan membawa seluruh isi DVD konvensional dalam waktu dibawah 10 detik. Tidak hanya mencapai rekor dalam hal kecepatan, tapi jarak jangkau transmisi data yang dikirim juga terbilang spektakuler, yakni 37 kilometer.

Sebagai penggelar teknologi adalah proyek ACCESS (Advanced E Band Satellite Link Studies) yang melibatkan kolaborasi yang melibatkan beberapa lembaga. Uji coba transmisi ini berlangsung di stasiun kereta kota Cologne dan di kota Wachtberg di Jerman yang berjarak 36,7 kilometer. Rekor ditetapkan menggunakan radio E band di frekuensi  71-76 GHz yang disisihkan untuk jaringan terestrial dan satelit broadcast. Solusi ini memiliki rentang frekuensi gelombang milimeter yang memungkinkan perambatan kecepatan data tinggi.

Dalam mengirimkan sinyal bandwidth tinggi dalam rentang jarak jauh, tim proyek ACCESS menaikkan daya dengan menggunakan efisiensi pemancar dan penerima teknologi yang disebut monolithically integrated millimeter wave cir­cuits (MMICs). sirkuit ini menggunakan teknologi transistor dari Fraunhofer IAF, yang telah membawa sistem nirkabel pada rekor super broadband dalam beberapa tahun terakhir.

Sinyal dari pemancar diperkuat  1 amp watt menggunakan senyawa semikonduktor galium nitrida. Penerima kemudian memiliki amplifier rendah dengan transistor menggunakan lapisan indium gallium–arsenide-semikonduktor yang dapat mendeteksi sinyal lemah dalam perjalanan jarak jauh. Tim proyek ACCESS melihat teknologi ini sebagai alternatif untuk serat optik broadband, terutama untuk menyampaikan data dan koneksi internet yang cepat dari satelit ke lokasi di pedesaan.