ArenaLTE.com – StarHub, salah satu operator telekomunikasi di Singapura telah berhasil menggelar layanan 4G HetNet dari Nokia Networks di area Marina Bay. Dengan 4G HetNet, StarHub diklaim dapat mencapai ketersediaan layanan broadband 100 persen.

Teknologi 4G HetNet adalah singkatan dari Heterogeneous Network yang tak lain merupakan kombinasi teknologi TD (Time Division)-LTE (Long Term Evolution), FDD (Frequency Division Duplex)-LTE dan solusi outdoor small cells. Solusi HetNet terdiri dari Nokia Flexi Multiradio 10 base station dengan TD-LTE dan FDD-LTE, dan Nokia Flexi Zona small cell.

Pihak Nokia Networks dalam rilisnya bahkan menyebut teknologi TDD-FDD dapat menjamin proses handover VoLTE (Voice over LTE) dapat berjalan mulus dengan zero drop call dan menghadirkan HD (High Definition) voice secara kontinyu kepada pelanggan.
BacaIni Penyebab Adopsi Teknologi 4G LTE di Indonesia Lamban

Ilustrasi 4G HetNet. Sumber: explanotech.com
Ilustrasi 4G HetNet. Sumber: explanotech.com

Dalam penggelaran 4G HetNet untuk StarHub, Nokia Networks menyajikan keahlian untuk mengintegrasikan TD-LTE, FDD-LTE dan small cell outdoor. Ketiganya diintegrasikan menjadi satu jaringan yang berkinerja tinggi untuk meng-handle sejumlah besar lalu lintas data.

Sebagai bagian dari solusi LTE-Advanced pembawa agregasi disampaikan lewat kecepatan data yang tinggi. Sementara Nokia Flexi Zone, berupa  small cell dipasang di hotspot lalu lintas strategis untuk menangani permintaan data pada puncak jam sibuk. Alhasil pelanggan menikmati pengalaman mobile broadband ultra-cepat dengan cakupan jaringan yang optimal dengan kapasitas besar.

Mock Pak Lum, Chief Technology Officer StarHub, dalam pernyataan resminya mengatakan berusaha memanfaatkan teknologi terbaru untuk memberikan pelanggan mobile terbaik menjadi prioritas kami. “Melalui kerjasama erat kami dengan Nokia Networks, kami bangga memberikan koneksi tercepat dengan teknologi jaringan 4G HetNet yang dapat mengatasi tuntutan lalu lintas data yang terus tumbuh dari pelanggan kami tanpa mengorbankan kualitas layanan,” ujar Mock Pak Lum.

Marina Bay dipilih sebagai area awal deployment karena merupakan kawasan komersial, apartemen mewah dan hiburan papan atas yang berkembang pesat, terletak di ujung selatan Singapura. Dengan solusi ini, diharapkan pelanggan menikmati konektivitas mobile tanpa batas dengan kecepatan tinggi.

Comments

  1. […] Bagaimana itu bisa terjadi? Karena biasanya jika adak kunjungan penting seperti Presiden, maka komunikasi di sekitar area menjadi terganggu. Orang kesulitan untuk berkomunikasi karena jaringan nirkabel diacak demi keselamatan dan keamanan VIP. Joerg Ambrozy mengatakan teknologi LTE untuk keselamatan publik adalah kuncinya. “Jaringan LTE berkecepatan tinggi berdasarkan teknologi Nokia RAN sangat penting untuk bisa segera menilai situasi, rencana ke depan, dan membuat acara yang aman dan sukses untuk semua,” ungkap Joerg. Baca: Mengenal Teknologi 4G HetNet dari Nokia Networks yang Diadopsi StarHub Singapura […]

  2. […] Laporan yang sama juga menyoroti fakta bahwa solusi Nokia menawarkan lebih pada kompetisi di LTE-A (Advanced) pada umumnya. Diantaranya eNodeB mendukung spektrum band yang lebih luas dan output daya frekuensi radio yang lebih unggul. Juga disebutkan mudahnya pemeliharaan dan dukungan ekosistem yang lebih luas dari Flexi Radio Antenna System. Baca: Mengenal Teknologi 4G HetNet dari Nokia Networks yang Diadopsi StarHub Singapura […]

  3. […] HetNet sampai saat ini disebut-sebut dapat memfasilitasi penggunaan spektrum jaringan nirkabel yang lebih optimal dengan memungkinkan perangkat untuk beralih antara berbagai jenis jaringan nirkabel. Tentu ini akan memungkinkan pengguna smartphone untuk menjelajah secara mulus diaantara jaringan yang berbeda, semisal seamless antara seluler LTE dan akses WiFi.BACA: Mengenal Teknologi 4G LTE HetNet yang Dikembangkan Nokia  […]