ArenaLTE.com – Bukan hal aneh rasanya kalau ajang Mobile World Congress (MWC) 2016 menjadi arena untuk melakukan debut teknologi terbaru buat vendor. Beberapa perusahaan pun terlihat sudah memamerkan teknologi terbaru mereka ke hadapan publik. Sebagian besar sudah menjadi fitur mutakhir pada armada baru para vendor ponsel. Tapi ada 4 fitur baru paling keren yang bisa disorot awal tahun ini yang muncul di perhelatan MWC 2016. Apa saja sih?

  1. Teknologi Super VOOC Flash Charge Oppo

super vooc oppoVendor asal Tiongkok ini baru saja mengumumkan teknologi pengisian baterai super cepat baru, Super VOOC Flash Charge. Sayangnya, Oppo belum memiliki produk yang memenuhi standar untuk menggunakan salah satu fitur baru paling keren tersebut.

Tapi teknologi ini cukup impresif, Super VOOC Flash Charge mampu mengisi penuh baterai 2.500 mAh hanya dalam waktu 15 menit dan 45 persen hanya dalam waktu 5 menit. Hebatnya lagi, teknologi baru ini bekerja baik pada microUSB dan port USB Type-C dan membutuhkan plug Super VOOC Flash Charge yang baru, kabel khusus baru, dan konektor yang terbuat dari bahan berstandar militer berkualitas tinggi.

Super VOOC hanya bertegangan 5V tapi mampu mentransmisi power pada baterai secara langsung tanpa mengkonversi tegangan. Dengan cara ini mereka mampu mencapai efisiensi pengisian hingga 97 persen.  Saat ini Super VOOC Flash Charge masih berupa teknologi eksperimental, namun perusahaan berharap dapat menerapkannya pada smartphone Oppo dalam waktu dekat.

  1. Desain Modular Ala LG G5

LG G5 modularLG G5 mewakili perubahan radikal dari para pendahulunya berkat desain modular. Desain ini cukup powerful dan atraktif karena bagian bawah handset (termasuk baterai) bisa dibongkar pasar dengan mudah dan praktis. Tak heran desain ini menjadi salah satu fitur baru paling keren.

Kita bisa memasang baterai lain, atau aksesoris baru yang secara spesifik dibuat untuk LG G5. Contohnya kamu bisa memasang grip kamera (didukung tombol shutter, zoom kontrol dan mendukung baterai ekstra tersendiri 1200 mAh. Atau pasang modul lain seperti sebuah audio player portabel Hi-Fi DAC yang dikembangkan bersama Bang & Olufsen.

Ide awal dari pengembangan ini memang bukanlah hal baru, pasalnya Project Ara besutan Google pun sebenarnya sudah bermain dengan konsep ponsel modular ini. Tapi, bisa dibilang LG G5 adalah ponsel flagship pertama yang sudah mengimplementasikannya.

  1. Teknologi Dual Pixel auto focus Samsung

dual pixel auto focusDibandingkan seri Galaxy S6, flagship baru Samsung yakni Galaxy S7 dan S7 edge mungkin terlihat berbeda. Bahkan, seri baru ini mengemas beberapa fitur baru paling keren. Salah satunya, Samsung benar-benar melakukan perubahan menyeluruh pada kamera utamanya.

Samsung tak lagi memakai sensor 16MP berbasis PDAF-nya, tapi lebih memilih membenamkan kamera 12MP dengan ukuran piksel besar dan fitur Dual Pixel auto focus. Fitur kedua ini yang sampai sekarang hanya bisa ditemukan dalam kamera DSLR (salah satunya Canon). Jadi fitur ini tergolong baru dalam jajaran smartphone.

Beda dengan phase detection auto focus yang memanfaatkan 5-10% piksel untuk mendapat fokus, teknologi Dual Pixel memanfaatkan semua piksel (100%) untuk menghasikan fokus. Fitur ini sangat bermanfaat buat melakukan fokus pada benda bergerak atau di malam hari.

  1. Kamera Wide Angle LG G5

lg-g5-kameraLG G5 memang bukan seri pertama yang punya dual rear camera. Lalu apa kelebihan kamera di ponsel ini hingga masuk dalam fitur baru paling keren? Satu sensor ponsel ini punya resolusi 16MP dengan lensa 78 derajat (standar sebagian smartphone saat ini). Nah, sensor keduanya punya resolusi 8MP dengan lensa super wide 135 derajat. Lebih lebar dari lensa kamera smartphone lain. Bahkan lebih lebar dari field of view pada mata manusia (sekitar 114 derajat).  Hebatnya, LG G% memungkinkan kita mengambil foto wide angle (dengan sensor 8MP) tanpa perlu aksesori tambahan.