ArenaLTE.com – Mengalami kegagalan di bisnis teknologi dalam jumlah yang cukup besar tidak menyurutkan semangat Alice Norin untuk kembali terjun ke industri e-commerce. Artis cantik ini mendirikan toko online 8Wood yang dirintisnya sejak 2013 lalu bersama sang suami Alvin Yodhapatria (DJ dan event organizer).

Dijumpai dalam ajang startup Tech in Asia 2015 lalu, Alice Norin mengungkapkan bahwa layanan toko online 8Wood miliknya mendapatkan seed funding dengan jumlah yang tidak disebutkan dari Ideosource. Pendanaan ini akan digunakan untuk perekrutan, penambahan warehouse, pemasaran, dan pengembangan produk.

Toko online 8Wood fokus menawarkan produk-produk fashion perempuan, baju, tas, sepatu dan juga produk kecantikan lainnya yang menyasar para pekerja wanita dan mahasiswi dengan rentang usia 17-25 tahun. Untuk produk yang dipasarkan beberapa diproduksi sendiri namun ada juga beberapa vendor produk yang mulai bekerjasama untuk menjual produknya di 8Wood. “Kurang lebih secara keseluruhan ada sekitar 200 brand produk”, kata Alice.

Toko Online 8Wood Alice NorinAlice menambahkan, meskipun tetap mengikuti tren yang ada, fokus utama 8wood yaitu menyediakan produk dengan kualitas yang baik dan harga yang masuk akal dengan kisaran harga produk mulai dari 40 ribu hingga 400 ribu rupiah. Berbeda dengan layanan e-commerce lain yang sudah mulai menerima berbagai metode pembayaran, 8Wood sementara ini masih mengandalkan transfer antarbank dan PayPal (untuk pembayaran dengan US$) sebagai cara pembayarannya.

Di segmen yang sama, toko online 8Wood harus berkompetisi dengan toko online lainnya seperti PinkEmma, BerryBenka, dan juga Zalora. Ketika ditanya bagaimana cara menghadapi persaingan toko online sejenis, Alice Norin mengungkapkan bahwa kompetisi di bisnis e-commerce dengan pemain besar lainnya memang sangat ketat namun kami fokus untuk menjadi lebih baik bukan berkompetisi. “Kalau mikirnya kompetisi, nanti tidak akan maju. Saat ini 8wood memilih fokus pada costumer dengan membangun komunikasi dua arah dan membangun komunitas konsumen,” ujar Alice Norin.

Toko Online 8Wood Alice NorinAlice juga melihat bisnis online di Indonesia sangat potensial sekali, seperti yang kita lihat bisnis di industri teknologi ini sudah bertumbuh sangat pesat. Sekarang ini , kehidupan sehari-hari selalu terkoneksi dengan smartphone dan internet untuk melakukan apa saja dengan serba mudah dan cepat. Infrastruktur telekomunikasi juga terus diperbaiki hingga ke pelosok daerah, hal ini berdampak lurus dengan market bisnis online yang akan semakin luas.

Artis kelahiran 1987 ini juga berkomentar mengenai semakin menjamurnya startup juga akan menumbuhkan online market sehingga ekosistem menjadi matang dan saling mendukung. Apalagi sekarang sudah memasuki era layanan 4G LTE di Indonesia, jelas ini akan sangat membantu sekali perkembangan usaha online. Karena kendala terberat yang dialami oleh pengusaha online yaitu akses internet yang lambat. “Oleh karena itu saya berharap penyebaran internet cepat 4G LTE bisa menyebar merata hingga ke seluruh pelosok negeri. Layanan 4G LTE Everywhere akan membantu berkembangnya bisnis online,” pungkas Alice.