ArenaLTE.com – Liburan telah tiba! Selama liburan, tentu saja senjata andalan kita adalah smartphone untuk mengabadikan momen indah juga membagikannya ke media sosial. Bukan hanya itu saja, smartphone juga bisa dimaksimalkan untuk penunjang kegiatan liburan kita. Mulai dari rekomendasi tujuan lokasi liburan, tempat makan favorit, tempat menginap dan berbagai informasi penting liburan lainnya. Menggunakan smartphone ketika liburan seperti layaknya memiliki “tour guide” pribadi dalam genggaman tangan.

Hanya dengan modal smartphone saja kita bisa menghemat barang bawaan. Gak perlu lagi repot-repot menenteng kamera digital, video recorder, atau bahkan laptop. Segala aktivitas seperti mengambil gambar, merekam video, dan menyimpan data bisa dilakukan lewat smartphone ketika liburan. Termasuk menghibur buah hati ketika bosan di perjalanan.

traveler IndonesiaSebuah penelitian bahkan mengungkapkan jika kita menggunakan smartphone ketika liburan ternyata bisa membuat kenangan liburan seseorang lebih tahan lama. Dan ternyata, jumlah uang yang dihabiskan untuk berlibur tidak memiliki efek berarti dalam membuat liburan yang berkesan. Menggunakan smartphone ketika liburan juga diyakini akan meningkatkan ingatan emosional yang baik dari liburannya tersebut.

Dengan catatan, penggunaan smartphone ini harus dalam porsi yang tepat. Karena saat ini smartphone merupakan senjata andalan ketika liburan, berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan smartphone ketika liburan.

Daya Baterai

melacak Lokasi SmartphoneIni yang paling penting! Banyak pengguna yang melakukan kesalahan fatal karena tidak bisa mengatur penggunaan baterai smartphone dengan tepat. Justru pas ada momen penting smartphone gak bisa diakai karena “Low batterai”. Pastikan bateri terisi penuh saat berangkat wisata, tahan dulu nasfu posting di sosial media, sabar sedikit karena akan ada banyak momen indah lainnya yang bisa kita posting.

Jangan lupa bawa power bank yang bersi penuh termasuk chargernya. Ketika kita mulai memotret, matikan koenksi jaringan internet atau pasang modus airplane mode agar baterai lebih hemat. Maikan WiFi dan GPS jika tidak digunakan untuk menghemat konsumsi baterai.

Fitur Navigasi Peta  

ilustrasi google maps offline gpsTersesat? Atau bingung dengan arah tujuan lokasi wisata? Gunakan aplikasi navigasi dan peta (maps) seperti  waze atau Google Maps. Bahkan fitur baru di Google Maps yakni dapat dipakai pada kondisi offline dan tidak perlu koneksi data internet. Google Maps sangat dibutuhkan terutama saat traveling di jalan darat  dan lokasi terpencil yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya.

Google Maps dapat memandu perjalanan lebih efisien, termasuk menghindari lokasi macet dan merekomendasikan rute alternatif lain. Google Maps juga dapat menghitung berapa lama lagi untuk tiba di tempat yang di inginkan. Kita juga bisa mencari fasilitas umum terdekat di posisi kita seperti pom bensin, ATM, restoran, Rumah sakit dan lokasi penting lainnya.

Foto Kreatif

Ilustrasi turis memotret dengan ponsel (Foto: Alehidalgo/Pixabay)
Ilustrasi turis memotret dengan ponsel (Foto: Alehidalgo/Pixabay)

Abadikan momen liburan melalui foto dan video dengan kamera smartphone. Namun sebelum memotret dan selfie lakukan pengaturan kamera smartphone terlebih dahulu, atur resolusi foto dan video, kecerahan, ISO, flash, kontras dan lain sebagainya.

Cari posisi terbaik ketika memotret yang menunjukkan keindahan dan ciri khas lokasi yang dikunjungi. Cari spot terbaik sebagai latar belakang foto ketika akan melakukan selfie. Jika baterai penuh dan memori smartphone masih banyak jangan ragu-ragu untuk memotret secara random dengan jumlah yang banyak. Kita bisa menyortirnya nanti.

ilustrasi turis selfie dengan ponsel
ilustrasi turis selfie dengan ponsel (Foto:
Thomasstaub/Pixabay)

Kini, teknik pengambilan gambar menggunakan kamera smartphone makin beragam, explorasi sudut pengambilan yang berbeda-beda dengan kreatifitas kita. Gunakan aksesoris pendukung foto smartphone seperti tongsis atau tongkat narsis juga dengan lensa-lensa tambahan seperti lensa super wide atau fish eye untuk memberikan kesan unik pada hasil foto dan video.

Memori Smartphone Ketika Liburan

memori smartphone penuhMimpi buruk jika liburan dan memori smartphone kita penuh, pastikan ada banyak ruang memori tersisa dalam smartphone ketika liburan. Rata-rata ukuran file foto dengan kamera 8 Megapiksel saja sekitar 1-2 MB, belum lagi video. Bisa dibayangkan berapa banyak memori yang harus kita siapkan.

Tanpa laptop, solusi termudah adalah menyiapkan Universal Serial Bus on the go (USB OTG) untuk memindahkan file dalam smartphone ke flash disk tanpa bantuan perangkat komputer. Sebagai tambahan, sebaiknya persiapkan flash disk atau microSD dengan memori besar semisal 8 GB, 16 GB atau bisa 32 GB.

Koneksi Internet

LTE vs WiFi
Apa jadinya, liburan tanpa internet dalam smartphone? Sebelum berangkat pastikan kuota internet memadai atau minimal paket internet dalam smartphone masih aktif. Fungsi smartphone dapat lebih maksimal dengan koneksi internet didalamnya baik untuk mencari informasi lokasi wisata, menginstal aplikasi pendukung liburan, mencari promo penginapan hingga navigasi peta lokasi.

Dan tentu saja jika kita gak tahan ingin segera memposting moemn indah dan foto-foto liburan ke jejaring sosial Anda pada saat itu juga. Untuk akses internet cepat gunakan jaringan 4G LTE, karena sudah banyak daerah wisata yang tercover jaringan 4G LTE oleh operator di Indonesia. Jika kita berada di daerah yang belum 4G LTE maka otomatis akan menggunakan koneksi internet yang lebih lambat seperti HSDPA, 3G atau 2G.

Aplikasi Pendukung Liburan

instagram-stories
Selain situs sosial media dan chatting,  dengan koneksi internet, kita bisa menggunakan aplikasi pendukung liburan seperti navigasi peta dan prakiraan cuaca. Gunakan juga aplikasi traveling seperti TripAdvisor yang bisa digunakan untuk membantu Anda mencari hotel dan restoran dengan rating yang bagus.

Cari promo hotel dan penginapan atau tempat makan favorit di sekitar lokasi wisata melalui aplikasi traveling seperti traveloka, mister aladin, zomato dan lain sebagainya. Sebagai hiburan diperjalanan kita juga bisa melakukan streaming musik dan video menggunakan spotify, JOOX, guvera, yonder, HOOQ, Netflix, VIU, iFlix dan berbagai layanan streaming lainnya.