ArenaLTE.com – Meski sudah sejak tahun lalu diperkenalkan dan operator sudah berlomba-lomba menggelar layanan 4G LTE, namun ternyata banyak orang yang merasa belum perlu menggunakan layanan berbasis teknologi seluler generasi teranyar ini. “Banyak pengguna yang bilang belum merasa perlu menggunakannya (4G LTE),” ungkap Roberto Saputra, Direktur Smartfren.

Fakta itu didapat dari hasil survei yang dilakukan oleh operator seluler anak perusahaan Sinar Mas Group tersebut. Mereka menanyakan ke sejumlah responden pengguna smartphone. Kebanyakan menjawabnya begitu, belum perlu memakai layanan 4G LTE. Soal alasan kenapa merasa belum perlu, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab. Roberto mengungkapkan, rata-rata pengguna smartphone merasa masih nyaman dengan layanan 3G yang digunakan saat ini. “Mereka memberi angka 7 dari skala 10, ketika ditanya apakah cukup senang dengan layanan 3G yang digunakan,” ujar Roberto Saputra saat ditemui ArenaLTE.com di Jakarta (11/2/2015).
Baca: Smartfren Ajak 3000 Karyawan Edukasi Masyarakat Tentang 4G LTE Advanced

Menurut Roberto Saputra, wajar jika pengguna smartphone masih merasa puas dengan layanan 3G. Sebab, ungkap dia, kebanyakan pengguna smartphone menggunakan fitur internet untuk mengakses media sosial, chatting dan browsing.  “Tentu saja untuk ketiga jenis aktivitas itu, kapasitas yang diberikan 3G masih sangat memadai,” katanya. Lain soal kalau sudah bicara apliaksi video, video streaming, serta upgrade software yang butuh kapasitas besar. “Dan masih sedikit yang mengatakan sering mengakses aplikasi berbasis video,” tutur pria berkacamata ini lagi.

Karena itu pula, kebanyakan responden pengguna juga mengatakan belum mau mengganti smartphone mereka dengan smartphone baru yang sudah support 4G LTE. Seperti diketahui, untuk bisa menggunakan layanan 4G LTE, diperlukan perangkat smartphone yang juga sudah support 4G LTE. Apalagi smartphone 4G LTE yang ada saat ini kebanyakan harganya masih relatif mahal. “Ada sih beberapa yang harganya terjangkau namun memiliki kualitas bagus dan fitur yang lengkap. Salah satunya adalah Hisense Puresehot, yang dipasarkan dalam dua varian yaitu Pureshot 5 inchi dan Pureshot Plus 5,5 Inchi,” pungkasnya.