ArenaLTE.com – Jaringan generasi keempat atau 4G LTE telah resmi diperkenalkan para penyelenggara telekomunikasi. Bahkan, di Tanah Air akses dukungan jaringan dari peningkatan generasi 3G dahulu ini, dikabarkan akan serentak bisa dirasakan masyarakat pada awal 2016 mendatang. Bukan lagi sekedar untuk berselancar di dunia maya, ada banyak manfaat teknologi 4G LTE yang bisa dirasakan operator dan pengguna.

Internet yang memang sudah menjadi bagian besar dalam kehidupan manusia, kini tak hanya bisa dimanfaatkan untuk berakselerasi di situs Online. Berkirim surat, berkomunikasi dengan media sosial, melakukan transaksi perbankan, dan belanja juga bisa dilakukan langsung disana. Bahkan pada era konektivitas 4G, ada serangkaian keuntungan yang bisa didapatkan.

Ditemui pekan lalu, Ari Abdya, GM Prepaid Management Consumer Service Division Smartfren, mengungkapkan bahwa akses jaringan 4G LTE tentunya bukan hanya sekadar peningkatan teknologi. Namun, manfaat lainnya adalah peningkatan komunikasi yang akan semakin baik dirasakan oleh masyarakat. Berikut ini beberapa manfaat manfaat teknologi 4G LTE bagi operator & pengguna jaringan di Tanah Air:

Speed

Diatas kertas, kecepatan akses download pada jaringan 4G LTE diungkapkan banyak para peneliti jaringan bisa mencapai kecepatan 150Mbps. Bahkan, untuk kecepatan upload bisa menyentuh hingga besaran 50Mbps. Jauh berbeda jika dibandingkan dengan konektivitas jaringan 3G yang hanya mencapai 42Mbps untuk download, serta 22Mbps untuk upload.
Baca juga: Ujicoba Kecepatan Jaringan 4.5G LTE Berhasil Tembus 1 Gbps

Activity

Meski penggunaan jaringan 3G sudah bisa mengakomodir akses internet masyarakat, namun dengan jaringan generasi keempat ini segala aktivitas di dunia maya akan semakin besar. Perbedaan kecepatan antara 3G dan 4G, diungkapkan para analis jaringan akan bisa menghadirkan banyak para startup, pertumbuhan aplikasi dan layanan berbasis internet yang semakin beragam.

Rich Content

Jaringan 4G LTE yang lebih dicondongkan untuk teknologi jaringan mobile, diungkapkan banyak para pelaku industri adalah sebagai lahan yang baik untuk pertumbuhan layanan konten. Dan tentunya bukan lagi sekedar konten berbasis value added service (VAS) SMS, yang biasanya hanya hadir sebagai konten informasi berbasis pesan teks. Lebih dari hal itu, konten kaya yang lebih condong kepada multimedia diungkapkan akan banyak menghiasi layanan 4G LTE operator nantinya.

Good Communication

Voice over LTE (VoLTE) adalah salah satu manfaat yang bisa dirasakan para penyelenggara maupun pengguna informasi. “Dari sisi operator, VoLTE tentunya akan memberikan manfaat efisiensi jaringan, sedangkan di sisi pengguna adalah kenyamanan dengan kualitas suara high definition (HD) yang bisa dirasakan,” jelas Abdya kepada ArenaLTE.com.
Baca: Tahun 2018, 1 Miliar Pengguna Nikmati Layanan 4G VoLTE

Safety Device

Selain operator, pengguna juga diungkapkan akan memperoleh keuntungan dari penggunaan layanan 4G.  Hal tersebut dijelaskan para peneliti Juniper Research bahwa jaringan 4G biasanya hanya dikerahkan untuk mengakses internet saja, tentunya peralihan teknologi saat menggunakan telefon akan berubah ke jaringan 2G maupun 3G. Hal tersebut kemungkinan akan mengganggu aliran data, karena perpindahan teknologi dan jalur frekuensi dalam smartphone akan berubah-berubah yang bisa berdampak buruk juga terhadap perangkat. Namun, dengan teknologi 4G semua hal tersebut bisa diredam dan memberikan masa pakai perangkat menjadi lebih baik.
Baca: Tahun 2018, 1 Miliar Pengguna Nikmati Layanan 4G VoLTE

Public Safety
LTE adalah enabler untuk aplikasi real-time inovatif yang memerlukan koneksi data berkecepatan tinggi tanpa interupsi. Ini untuk menjamin konektivitas yang handal dengan Kualitas diferensiasi layanan dan keamanan carrier-grade. Beberapa vendor seperti Nokia Networks dan Alcatel Lucent telah mengembakan teknologi keselamatan publik yang memanfaatkan layanan 4G LTE.
Baca:Teknologi LTE Untuk Keselamatan Publik, Mungkinkah?