ArenaLTE.com – Menurut data dari Facebook pada Q3 2015, ada sekitar 79 juta pengguna Facebook di Indonesia setiap bulannya, dan 74 juta pengakses Facebook dari Indonesia menggunakan perangkat mobile mereka. Rata-rata orang Indonesia mengakses situs jejaring sosial ini dengan frekuensi 5,7 kali dalam seminggu, untuk update dan cek status, mencari informasi termasuk belanja online. Pengguna smartphone Indonesia juga menghabiskan lebih banyak waktu untuk terhubung di Facebook dibandingkan dengan platform online lainnya.

Hal inilah yang menjadikan Indonesia sebagai pasar utama untuk Facebook, Di Indonesia, lebih dari 61% pengguna Facebook terhubung dengan Page yang mereka follow, join, like atau buat sendiri. Dan di Facebook, ada sekitar 44% pembeli online di Indonesia yang mencari informasi produk atau mendapatkan rekomendasi sehingga akhirnya memutuskan untuk melakukan belanja online.

Beberapa kategori paling populer yang dijual secara online di Indonesia antara lain yaitu : Fashion sekitar 71,6%, produk kecantikan 20%, lalu gadget sekitar 17%, travel dan perjalanan sekitar 9,7 % dan Buku 9,7%. Informasi ini diungkapkan oleh Deepesh Trivadi, Head of Retail & Ecommerce, Southeast Asia, Facebook pada acara peluncuran Hari Belanja Online Nasional 2015.

belanja online
Deepesh Trivadi, Head of Retail & Ecommerce, Southeast Asia, Facebook

Jika dilihat berdasarkan kebiasaan hari untuk melakukan belanja online di Asia Tenggara, hari Senin menjadi hari paling sering bagi Orang Indonesia untuk melakukan belanja online. Hal ini mirip dengan kebiasaan orang Thailand dan Philipina yang juga banyak melakukan belanja online di hari Senin. Orang Vietnam lebih banyak belanja online pada hari Kamis, sedangkan orang Singapura memilih hari Minggu sebagai hari yang paling banyak untuk melakukan belanja online.
Baca juga: Inilah Daftar Lengkap Diskon Besar-besaran 140 e-commerce di Hari Belanja Online Nasional 2015

Hal ini menunjukkan bahwa Facebook memegang peranan penting dalam memperkenalkan internet dan meningkatkan minat belanja online para pengguna internet di Indonesia. Lebih jauh, Deepesh Trivadi menjelaskan bahwa sekarang ini 99% bisnis di Indonesia adalah UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang menghasilkan pendapatan sebesar 59% dari total pendapatan negara. Dan sangat disayangkan, dari 60 juta UKM yang ada di Indonesia hanya sekitar 15 juta UKM saja yang sudah terhubung secara online.

“Oleh karena itu, Facebook berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman dari para pengguna dan pemasar guna memudahkan masyarakat Indonesia dalam menemukan produk yang meraka cari lewat ponsel dan tentunya akan membantu bisnis lebih mudah mencapai tujuan bisnisnya,” tegas Deepesh Trivadi.

Pada kesempatan yang sama, Henki Prihatna, Country Manager and Sales, Google Indonesia juga memberikan gambaran tentang pengguna internet Indonesia yang diprediksi akan menjadi “the next billion” dalam beberapa tahun kedepan.

Henki mejelaskan bahwa saat ini pengguna internet di Indonesia baru 34% yaitu sekitar 90 juta dari total jumlah penduduk yang menyentuh angka 255 jutaan jiwa. Potensinya sangat besar sekali, dengan pengakses internet terbanyak akan dilakukan menggunakan smartphone karena ada sekitar 4 dari 10 orang Indonesia sudah memiliki smartphone. Dan 78% aktifitas yang dilakukan pengguna internet dengan smartphone adalah belanja online. Kategori pencarian yang paling banyak dilakukan untuk belanja online adalah Games dan mainan sebanyak 18%, diikuti dengan kendaraan (vehicles) sebanyak 16%, fashion 13%, masakan dan kuliner 10% dan produk kecantikan sebanyak 85%.