ArenaLTE.com – Google Duo mendadak mendapat perhatian besar dari pengguna Android. Tengok saja, produk besutan Google ini sekarang mulai bergerak menjadi aplikasi gratisan populer di Google Play. Bahkan, di negeri Paman Sam, Google Duo mampu melibas beberapa aplikasi yang sudah lebih dulu eksis dan tenar seperti Pokemon Go dan Facebook Messenger.

Meskipun baru bergulir dalam hitungan hari, aplikasi video call Google Duo yang dikembangkan raksasa pencarian terbesar di jagat maya tersebut sukses menggebrak di AS. Duo, kini telah menjadi aplikasi gratis yang paling banyak didowload di Google Play Store. Yups, Pokemon Go yang sempat merajai jagat Android pun akhirnya mendapat saingan serius.

Akhir pekan lalu, cuitan Kepala Teknis Google Duo, Justin Uberti di Twitter menunjukkan screenshot aplikasi yang menduduki posisi teratas free app di Play Store AS. Bahkan posisinya ada di atas beragam aplikasi populer lain seperti Facebook, Facebook Messenger, Instagram dan YouTube Music.

google duo screenshotPatut dicatat juga jika aplikasi ini digadang-gadang sebagai pesaing serius dari aplikasi besutan Apple yakni FaceTime. Bahkan, aplikasi ini juga mendapat perhatian dari pengguna Apple. Justin Uberti memperlihatkan screenshot dari posisinya di App Store. Di kategori aplikasi gratis, aplikasi ini menempati posisi ke-9.

Sekadar informasi, Google Duo diumumkan pada Mei 2016 lalu di ajang I/O developer conference. Setelah meluncur aplikasi ini sepertinya bisa menjaring banyak peminat di kalangan pengguna Android. Tak hanya itu, Google Duo berhasil memperoleh rating rata-rata 4.5 atau lebih tinggi dari rating yang didapat Facebook (4.0), Facebook Messenger (3.9) dan Snapchat (3.9) di Android.

Sebelumnya, banyak kalangan agak pesimistis dengan kehadiran aplikasi ini. Apalagi jika harus berkompetisi dengan aplikasi lain seperti WhatsApp, Facebook Messenger dan FaceTime. Tapi melihat perkembangannya, sepertinya Duo memperlihatkan trend positif.

Setelah meluncur secara terbatas di beberapa negara seluruh dunia, kini Google Duo sudah hadir secara global. Harus diakui, start awal aplikasi ini termasuk positif. Tapi hal yang sulit adalah mempertahankan kesuksesannya jika sampai aplikasi ini booming. Tinggal bagaimana Google meyakinkan penggunanya bahwa Duo adalah salah satu apliaksi terbaik untuk video call. Kuncinya tentu saja pelayanan maksimal.