ArenaLTE.com – Tak sekali dua kali fitur asisten pribadi virtual Siri mengambil momen penting dalam kehidupan manusia, maklum fitur voice assistant besutan Apple ini terus dikembangkan agar update dan makin sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Dan terkait Siri iPhone, baru-baru ini fitur canggih ini kembali beraksi menyelamatkan seorang bayi di Australia.

Seorang ibu asal Australia, Stacey Gleeson, refleks menggunakan fitur tersebut saat menyadari bayinya yang berusia satu tahun berhenti bernafas dari alat monitor bayi. Gleason bergegas ke kamar bayinya, dan saat mencari tombol lampu di dinding, ia menjatuhkan iPhone dan segera mengambil bayinya yang telah membiru.

Diselimuti rasa takut, Gleason ingat smartphone-nya tergeletak di lantai dan berteriak “Hey Siri, call the ambulance (Hey Siri, panggil ambulans).” Tak berselang lama, ambulans datang dan bayinya mulai bernafas lagi. Bayi bernama Giana itu didiagnosa mengidap infeksi dada dan bronkitis.

vocaliq siri iphoneDikutip dari Ubergizmo sebuah survei mengungkap bahwa 98 persen pengguna Apple telah mencoba menggunakan asisten pribadi virtual Siri iPhone. Survei yang sama menunjukkan bahwa hanya 3 persen yang mengaku menggunakan Siri di tempat umum, dan hanya 1,3 persen di tempat kerja. Dengan rendahnya penggunaan di tempat umum, tampaknya pengguna iPhone masih tidak nyaman berbicara dengan perangkat mereka.

Menariknya, ini terjadi di Amerika Serikat di mana konsumen terbiasa berbicara dengan suara lantang pada ponsel di depan umum. Tidak semua hasil survei buruk. Ternyata Siri populer digunakan di kalangan pengemudi. Sekitar 62 persen dari pengguna yang disurvei mengatakan mereka berbicara dengan Siri saat di jalan. Sementara sekitar 39 persen pengguna Apple berbicara dengan Siri ketika berada di rumah.

Mengaktifkan fitur “Hey Siri” pada iPhone dapat dilakukan membuka Setting > General > Siri. Pada iPhone 6s atau 6s Plus, pengguna dapat menggunakan “Hey Siri” kapan saja.