ArenaLTE.com – Evercoss telah merilis dua smartphone 4G LTE perdananya yaitu seri Evercoss Winner T3 dan Evercoss Elevate Y3+. Dengan kehadiran dua produk ini, diharapkan pengguna bisa mendapatkan manfaatkan smartphone 4G LTE. Ricky Tanudibrata, Chief Marketing Officer Evercoss mengatakan peluncuran dua smartphone 4G LTE ini akan menandai awal mata rantai Evercoss dalam mendukung perkembangan ekosisten 4G LTE dan industri telematika di Indonesia.
Baca: Dua Evercoss 4G LTE Resmi Diluncurkan Dengan Harga Sejutaan

“Perangkat ini diharapkan mampu memenuhi semakin tingginya kebutuhan smartphone dan pertumbuhan ekosistem 4G LTE yang semakin baik. Karena kehadiran 4G LTE di Indonesia sudah merupakan keharusan. Internet bukan lagi menjadi sesuatu yang ‘nice to have’ melainkan sudah menjadi sesuatu yang ‘must have’,” ujar Ricky saat peluncuran smartphone 4G LTE Evercoss di Jakarta (10/11/2015).

Evercoss Smartphone 4G LTE
Ricky Tanudibrata, Chief Marketing Officer Evercoss

Lebih jauh Ricky menerangkan, karena kebutuhan yang tinggi terhadap koneksi internet, saat ini sudah terjadi perubahan perilaku pengguna handphone. Pasar smartphone meningkat drastis dan kebutuhannya jauh lebih banyak daripada feature phone. “Perbandingan antara smartphone dengan feature phone sudah lebih besar smartphone hingga lebih dari 50%. Dan kita berharap bukan hanya smartphone 3G namun juga smartphone 4G LTE”, jelasnya.

Manfaat Smartphone 4G LTE

Jika ekosistem 4G LTE semakin matang, menurut Ricky nantinya banyak sekali manfaat smartphone 4G LTE yang bisa diperoleh. Bukan hanya digunakan untuk sekadar komunikasi, informasi dan pertemanan saja, namun juga untuk maksud lainnya seperti e-commerce, mobile advertising, learning dan juga real entertaintment.

Bahkan ke depannya, manfaat smartphone 4G LTE akan dapat menggantikan uang cash dan menggantikan buku yang kita baca. Fenomena ini terjadi merata bukan hanya di wilayah perkotaan saja namun hingga ke pedesaan. Smartphone ini berfungsi sebagai perangkat untuk meningkatkan kreatifitas, produktifitas dan kinerja penggunanya.

Ketika ditanya mengenai ketersediaan smartphone 4G LTE dengan harga yang semakin murah, Ricky kembali menegaskan bahwa dua produk Evercoss 4G LTE yang diluncurkannya ini sudah sangat kompetitif dan terjangkau dengan banderol harga sejutaan rupiah. Ricky mengatakan “Menurut saya tantangan kita sebagai vendor bukan hanya sekadar harga yang sangat murah, melainkan bagaimana kita bisa memproduksi sebuah smartphone 4G LTE dengan harga yang baik dan berkualitas”, tegasnya.

“Kalau untuk sekadar murah, kita bisa buatkan smartphone dengan harga yang sangat murah. Namun apalah artinya jika smartphone 4G LTE termurah namun tidak bisa dipertanggung jawabkan. Jadi fokus dan tantangan utama kita yaitu bagaimana menghadirkan sebuah smartphone 4G LTE yang terjangkau untuk semua orang dengan kualitas bisa kita pertanggungjawabkan”, ujar Ricky.

Menurut Ricky definisi ideal untuk harga smartphone 4G LTE murah adalah disesuaikan dengan supply dan demand. Ia mengatakan harga yang dipasangnya sekarang ini sudah sangat kompetitif dan akan mencoba untuk terus memberikan value untuk memenuhi kebutuhan pasar. “Yang jadi fokus dan target kita bukan hanya sekedar memberikan smartphone yang termurah namun memungkinkan setiap orang untuk dapat menikmati 4G LTE,” jawabnya diplomatis.

Diungkapkan, dalam memenuhi permintaan pasar smartphone, Evercoss memiliki satu pabrik di Semarang yang sudah beroperasi dan berproduksi dan satu lagi pabrik sedang dalam tahap pembangunan. Mulai Januari nanti Evercoss juga berencana untuk memperbanyak Line produksi agar mampu meningkatkan jumlah produksi smartphone. Untuk target produksi, Evercoss optimis dapat memenuhi kebutuhan pasar yang ada. “Karena untuk industri teknologi, pertumbuhan ekosistem yang semakin baik secara otomatis juga meningkatkan permintaan smartphone”, ujar Ricky.

Ricky juga menerangkan bahwa hingga saat ini sudah ada dua seri smartphone 4G LTE Evercoss Elevate Y3+ dan Evercoss Winner T3. Hingga akhir tahun ini juga akan menyiapkan Evercoss 4G LTE lainnya yang siap diluncurkan dalam waktu dekat. “This is the first, but not the end for this year”, pungkasnya.