ArenaLTE.com – Memperhatikan penjualan beberapa UKM di daerahnya yang kurang laku, Jang Ipan, Ketua Perhimpunan Masyarakat Informasi Garut merasa tergerak untuk membantu mereka melalui pemanfaatan media sosial. Dalam pelaksanaannya, Jang Ipan melakukan pembinaan pemanfaatan internet, termasuk layanan 4G LTE dan fitur layanan VoLTE, yang dapat menjangkau sampai ke Garut Selatan, edukasi pembuatan akun-akun media sosial (Instagram, Twitter, Facebook dan Blog Post) serta penduan pembuatan konten untuk akun-akun media sosial.

Jang Ipan merupakan remaja lulusan SMU kelahiran tahun 1993, yang gigih memberikan pemahaman penggunaan internet untuk meningkatkan pemasaran beberapa UKM di lingkungannya. Dengan latar belakang jiwa sosial yang tinggi dan keinginan untuk membantu para pelaku UKM di daerah Garut, Jang Ipan telah berhasil memberikan pelatihan mengenai bagaimana cara memanfaatkan layanan 4G LTE Advanced milik Smartfren, kepada beberapa UKM di Garut.

Peran Smartfren untuk program Community Development ini adalah membimbing local leaders, seperti Jang Ipan, dalam menyampaikan informasi seputar manfaat jaringan 4G LTE, mengadakan sosialisasi kepada masyarakat, menyediakan jaringan 4G LTE Advanced terluas dan kuat yang mencapai sampai ke area Garut Selatan, memberikan fasilitas perangkat ponsel pintar Andromax R2 dan modem internet MiFi M2Y untuk mendukung aktivitas bisnis UKM.

Dari hasil inisiatif ini, Smartfren dan Jang Ipan berhasil memberikan edukasi pemanfaatan teknologi kepada puluhan UKM, termasuk Sate Matuh, Donat Madu dan Akar Wangi. Dari hasil wawancara dengan masing-masing pelaku UKM tersebut, setelah pemanfaatan jaringan 4G LTE Advanced, peningkatan pendapatan UKM rata-rata mencapai hingga 50 persen.

jaringan 4G LTE smartfren
(Kiri-Kanan) Munir Syahda Prabowo, VP Special Project Network Smartfren; Merza Fachys, President Director Smartfren; Roberto Saputra, Chief of Brand Smartfren; Jang Ipan, Ketua Perhimpunan Masyarakat Informasi Garut; dan Dani M Akhyar, Head of CSR and Community Development Smartfren

Selain itu, pencapaian yang sangat signifikan juga dirasakan oleh pemilik usaha Akar Wangi dengan perluasan bisnis mereka yang mencapai kota-kota di luar Garut, meliputi Bandung, Bekasi, Bogor, Karawang, Yogyakarta dan Surabaya. Perluasan bisnis ini dicapai hanya dalam waktu 3-5 bulan terhitung dari pertama kalinya pemilik usaha Akar Wangi memanfaatkan teknologi jaringan 4G LTE di bulan Januari 2016.

Roberto Saputra, Chief of Brand Smartfren Telecom Tbk. mengungkapkan bahwa Smarfren melalui kampanye #4GinAja terus berkomitmen untuk memacu generasi muda di Indonesia agar dapat memaksimalkan dan memanfaatkan jaringan 4G LTE Advanced sebagai solusi untuk kemajuan masyarakat. Program community development ini juga diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif generasi digital Indonesia

Dengan memperkenalkan Jang Ipan, Smartfren ingin memberikan inspirasi kepada generasi muda di seluruh tanah air agar dapat memaksimalkan penggunaan internet yang positif untuk meningkatkan kemampuan diri maupun memberikan manfaat bagi lingkungannya. Kiprah Jang Ipan merupakan sebuah bukti bahwa jaringan 4G LTE Advanced dapat dimanfaatkan secara maksimal dan positif oleh anak bangsa sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerahnya.