ArenaLTE.com – Masih ingat ketika Usher menemukan Justin Bieber di Youtube? Juga artis internasional lain seperti Macklemore juga Pentatonix yang berhasil menguasai tangga lagu papan atas dunia dan menembus Grammy dengan memanfaatkan Youtube music. Di Indonesia bahkan ada sebutan artis Youtube yaitu orang yang menjadi populer berkat video postingannya di Youtube dan berhasil mendapatkan jutaan viewer berkat postingannya tersebut.

Buah keisengan yang berhasil membuatnya tenar seperti diantaranya Duo Keong racun atau Briptu Norman. Atau yang lebih serius seperti Raditya Dika dengan serial Malam Minggu Miko, dan kompilasi video musik oleh Aaron Ashab dan Eka gustiwana yang menjadi populer sejak diupload di YouTube. Tidak hanya calon artis saja, Youtube juga dimanfaatkan oleh para artis professional untuk meningkatkan popularitas mereka.

Dengan jumlah pengguna sekitar 1 milyar, Youtube menjadi sarana paling mudah untuk mengupload video dan berpotensi dilihat oleh orang diseluruh dunia dengan cepat dan mudah. Bagi artis, youtube juga bisa menjadi sarana promosi paling efektif, tidak hanya promosi video dan lagu terbaru juga mendorong penjualan tiket konser hingga merchandise. Bulan ini saja, lagu terbaru Adele yang berjudul ‘Hello’ berhasil menjadi video dengan popularitas yang paling cepat tahun ini di Youtube dan memecahkan rekor penjualan download terbanyak pada minggu pertama kemunculannya.

Hal ini diungkapkan T. Jay Fowler, YouTube’s director of product management melalui blog resminya. Namun tidak berhenti disini saja, YouTube terus meningkatkan dukungannya terhadap para artis dan juga penikmat musik yang menggunakan Youtube untuk bermusik dengan menghadirkan sebuah aplikasi yang bernama YouTube Music. “Aplikasi YouTube Music ini akan memberikan pengalaman baru dalam mengeksplorasi musik di Youtube dengan lebih mudah”, ujarnya.

Youtube MusicCara menggunakan YouTube Music

Ketika menjalankan aplikasi Youtube Music ini, maka musik akan terus berjalan. Setiap lagu yang diputarkan atau artis yang dipilih akan ditampilkan dalam bentuk katalog musik untuk memudahkan kita mengeksplorasinya. Katalog musik ini berisikan daftar dari video musik, track lagu, artis dan album juga daftar remix atau cover dari berbagai lagu, lirik video dan juga konser yang ada di Youtube.

Hanya dengan sebuah sentuhan sederhana kita dapat mendengarkan musik favorit dan mendegarkan lagu baru dan juga artis baru. Pada tampilan home akan ditampilkan rekomendasi lagu yang disesuaikan dengan selera musik kita.

Aplikasi Youtube Music ini bisa didownload secara gratis di Google Play store dan App Store. Khusus bagi member Youtube Red dapat menikmati layanan Youtube Music ini tanpa gangguan iklan dan mendengarkan musik secara offline. Termasuk kemampuan untuk berpindah mode dari mode video menjadi hanya mode suara saja sesuai keinginan.
Baca juga: YouTube Red, Sajian Premium Nonton Video Bebas Iklan