ArenaLTE.com – Ketika masa kecil dulu, masih lekat dalam ingatan kita sering main games menggunakan TV keluarga baik itu untuk main nintendo, SEGA hingga Playstation. Tapi sepertinya kelakukan kita tersebut tidak lagi diikuti oleh anak-anak zaman sekarang. Sebuah penelitian yang dilakukan NDP Group menunjukkan bahwa anak-anak berumur 2 – 17 tahun di AS lebih suka untuk bermain games mobile menggunakan smartphone atau tablet daripada konsol di TV atau komputer.

Laporan NPD Group ini menyebutkan ada sekitar 63 persen anak dan remaja bermain games mobile menggunakan smartphone atau tablet, dan hanya 60 persen dari mereka yang menggunakan konsol. Memang bukan perbedaan yang terlalu signifikan, namun 2 tahun yang lalu, anak yang main games melalui konsol ke layar TV berada dikisaran angka 67 persen, perubahan terjadi dan fenomena ini akan terus berlanjut seiring dengan kualitas games mobile yang terus meningkat.

Informasi menarik lainnya yaitu ternyata anak sekarang lebih sering menghabiskan waktunya untuk memainkan games mobile menggunakan gadget dengan rata-rata sekitar 6 jam setiap minggu. Sementara itu, jumlah pemain game melalui PC juga terus berkurang. Jika di tahun 2013, pengguna PC Gaming mencapai 67 persen dari populasi anak dan remaja, sekarang angka tersebut menurun hingga 45 persen.

Para analis berpendapat, fenomena ini merupakan refleksi dari perilaku para orang tua yang mulai mengubah kebiasaan mereka dari penggunaan PC dan konsol game ke gadget smartphone. Meskipun bukan sebagai alasan utama, namun ketika orangtua lebih cenderung memiliki smartphone atau tablet, maka anak akan lebih sering menggunakan perangkat tersebut.

Alasan lain dari perubahan tren ini adalah karena saat anak atau remaja bermain games mobile pada perangkat mobile, mereka tidak harus berebut TV atau komputer dengan anggota keluarga yang lain. Selain itu, dengan perangkat mobile, mereka tidak harus berada di rumah untuk bermain games mobile.

Selain itu, tidak semua keluarga punya konsol game seperti Playstation, Xbox atau PC game namun sekarang ini hampir semua keluarga memiliki handphone. Mobile game juga memiliki harga yang lebih terjangkau bahkan gratis. Lebih lanjut NPD Group ini menjelaskan bahwa pengeluaran anak sekarang untuk games digital cenderung meningkat sekitar USD$5 hingga USD$13, 2 dari 10 anak sekarang mengungkapkan bahwa uang yang mereka gunakan untuk games mobile dan in app purchase jumlahnya lebih banyak daripada tahun lalu.

Comments

  1. […] Pemain juga akan dikenalkan dengan beberapa job baru untuk para muridnya, yang akan diumumkan pada beberapa waktu mendatang. Pemain juga akan menikmati sistem bertempur yang baru di mana pemain akan langsung dapat memainkan keempat murid yang menjalankan quest sehingga menambah variasi taktik yang dapat digunakan. Dari segi visual, dunia Valthirian Arc akan menggunakan perpaduan 3D untuk environmentnya dan 2D untuk karakternya, atau yang dikenal dengan grafis “2.5D”. Baca:¬†Anak Sekarang Lebih Suka Main Games Mobile Daripada Komputer […]