ArenaLTE.com – Satu hal yang indah dari perkembangan teknologi adalah kemampuan membantu mereka dengan disabilitas. Contohnya sebuah perusahaan startup asal Korea Selatan telah mengembangkan smartwatch Braille dengan harga terjangkau yang memungkinkan tunanetra untuk mengetahui waktu, menerima dan membaca pesan teks secara real time, bahkan membaca e-book.

Wearable device smartwatch Braille ini me-relay waktu dengan sejumlah titik aktif yang naik dan turun.

Ketika berbicara mengenai jam tangan untuk tunanetra, tidak ada banyak perangkat yang menggunakan huruf Braille secara real time, kalaupun ada biasanya harganya sangat mahal. Dot, pencipta smartphone Braille mengklaim produk mereka adalah yang dalam menggunakan teknologi haptic.

Smartwatch Braille Dot bekerja dengan dua puluh empat titik aktif pada permukaannya, tersebar menjadi empat sel, memungkinkan untuk menampilkan empat karakter Braille dalam satu waktu. Dot juga mampu membaca informasi secara real-time dengan menghubungkan ke semua perangkat dengan kemampuan Bluetooth. Misalnya, ketika pengguna menerima pesan teks di ponsel mereka, sebuah aplikasi akan merjemahkan ke dalam Braille dan mengirimkannya ke smartwatch melalui Bluetooth.

Dengan hanya memiliki empat sel, ada batas untuk jumlah kata yang ditampilkan pada satu waktu. Namun, tidak seperti perangkat braille lain, yang membaca satu baris pada satu waktu, sistem braille aktif yang digunakan dot membuat huruf braille secara otomatis lewat di tangan pengguna hingga mereka dapat membaca lebih cepat.

Motor vibrator internal Dot memberitahu pengguna jika ada pesan atau notifikasi ponsel yang masuk. Titik aktif yang sesuai dengan pola huruf braille akan menonjol dari permukaan Dot, memungkinkan pengguna untuk membaca informasi dengan ujung jari mereka.

Selain itu smartwatch braille juga menyesuaikan kecepatan membaca pengguna. Baterai Dot sendiri diklaim bisa bertahan hingga 10 jam penggunaan.

“Sembilan puluh persen orang tunanetra, buta sejak lahir dan mereka kehilangan akses atas informasi,” ujar Eric Ju Yoon Kim, co-founder dan CEO Dot. Rencananya, smartwatch Braille Dot nanti akan dijual dibawah 300 dolar AS atau dibawah 3 juta rupiah, paling tidak jauh lebih murah dari Apple Watch. Dot akan diluncurkan di AS bulan Desember ini. Perangkat ini sudah mulai tersedia untuk pre-order sekarang.

Tidak berhenti pada smartwatch Braille, perusahaan dibalik Dot juga tengah merilis tablet atau e-book braille bagi tuna netra. (bda)