ArenaLTE.com – Jika kalian seing menggunakan Google Docs untuk bekerja seperti saya, ada kabar yang menggembirakan. Baru-baru ini update Google Docs menghadirkan sebuah fitur baru untuk penggunaan Google docs di Android dan versi web, yang membuat kita lebih mudah mengoperasikan dan melakukan navigasi di Google Docs khususnya untuk file word yang berukuran besar dan lebih kompleks.

Seperti yang dilansir situs resminya, Update Google Docs ini menambahkan sebuah fitur outline tool yang menampilkan judul header dari berbagai file dokumen yang masih dalam proses pengerjaan dan belum selesai, jadi proses pencarian file dokumen dan berpidah ke halaman yang sedang dikerjakan tersebut bisa lebih cepat dan lebih mudah.

update google docsSebelumnya cukup sulit bagi kita untuk berpindah file dokumen atau berpindah lokasi halaman dari file dokumen yang besar, kompleks dan memiliki halaman banyak. Proses ini biasanya akan memakan memakan waktu, untuk menavigasi halamn per halaman dari dokumen. Kini dengan outline tool akan ditampilkan sebuah panel di sebelah kiri halaman, Panel ini memiliki header untuk setiap bagian dari dokumen kita, sehingga mudah untuk cepat melompat dari bagian ke bagian dari dokumen yang kita inginkan.

Bahkan tampilan index ini secara otomatis akan mengambil header dari halaman dokumen sehingga memudahkan kita mengingat halaman yang sedang kita kerjakan. Kita bisa membuat sendiri section (bagian) tertentu yang sedang dalam proses pengeditan, dan jika kita belum sempat membuatnya fitur Update Google Docs terbaru ini akan membuatkannya untuk kita.

update google docsMelalui blog resminya, Google mengungkapkan jika outline Tool ini merupakan fitur cerdas yang akan mendeteksi file dokumen yang sedang dikerjakan, dan pengguna nantinya akan dapat mengedit atau menghapus header ini sesuai kebutuhan dan keinginan penggunanya. Peluncuran fitur baru ini akan berlangsung selama beberapa hari, dan fitur ini dapat diakses melalui Tools> Dokumen outline di web, atau dengan memilih “Document outline” dari overflow menu.

Tampilan berupa index yang akan memudahkan kita menavigasi file dokumen ini tersedia untuk smartphone android dan web berupa panel scroll (bergulir) namun belum ada informasi mendetail mengenai kehadiran fitur ini untuk pengguna iOS.