ArenaLTE.com – Awal tahun ini, Asus pernah menjanjikan bahwa sebagian smartphone besutan mereka bakal menerima update Android 6.0 Marshmallow. Tepatnya sebelum akhir Juni 2016. Dan, sang vendor menepati janjinya dengan merilis gelombang pertama update firmware Asus Zenfone Max ZC550KL, ditemani Asus Zenfone 2 Laser 5 ZE550KL dan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL.

San vendor merilis update firmware Asus Zenfone tersebut via OTA (over the air). Dalam software versi 13.8.26.31 ini, Asus melakukan upgrade terhadap sistem operasi Android 5.0.2 yang digunakan pada Zenfone Max ke Android 6.0.1.

Menariknya, selain update firmware Asus Zenfone terbaru, sejumlah perubahan juga dilakukan untuk efisiensi. Beberapa di antaranya adalah tidak disediakannya lagi aplikasi Asus Email, Asus Calendar dan Asus Messaging. Pengguna yang membutuhkan fungsi tersebut bisa memanfaatkan aplikasi bawaan Google yakni Gmail, Google Calendar, dan Google Messenger.

“Update sistem operasi yang dihadirkan merupakan bukti bahwa Asus terus berupaya untuk meningkatkan kualitas user experience produk yang dipasarkan,” sebut Juliana Cen, Country Product Group Leader, Asus Indonesia. “Pengguna tidak perlu khawatir karena perangkat Asus akan terus dikembangkan meskipun sudah berada di tangan pengguna,” ucapnya.

Namun demikian, Juliana menambahkan, sebelum melakukan upgrade sistem operasi, pengguna juga perlu memperhatikan satu hal. “Google tidak memberikan dukungan APP2SD pada sistem operasi Android 6 Marhmallow. Artinya, aplikasi yang diinstalasikan ke MicroSD tidak lagi didukung. Sebelum upgrade, pindahkan lokasi seluruh instalasi aplikasi ke internal storage,” tambahnya.

Asus Zenfone Max ZC550KL yang hadir di Indonesia pada awal kuartal 2016 merupakan smartphone dengan baterai berkapasitas raksasa 5000mAh. Bersama seri ini Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL dan ZE550KL yang juga sudah masuk Indonesia juga sudah bisa mengupdate ke firmware terbaru. Selanjutnya, beberapa seri berikut akan menyusul:

  • Asus ZenFone 2 (ZE550ML, ZE551ML)
  • Asus ZenFone 2 Deluxe (ZE551ML)
  • Asus ZenFone 2 Deluxe Special Edition (ZE551ML)
  • Asus ZenFone 2 Laser (ZE500KG, ZE551KL, ZE600KL, ZE601KL)
  • Asus ZenFone Selfie (ZD551KL)
  • Asus ZenFone Zoom (ZX551ML)
  • Asus PadFone S (PF500KL)

Kalian bisa mengecek ketersediaan update firmware Asus Zenfone terbaru dari menu Settings – About – System update. Buat lebih mudahnya, Asus juga menyediakan aplikasi khusus bernama ‘System Update’ yang tinggal di-klik di dalam app tray. So, segera segarkan smartphone kalian!