ArenaLTE.com – Sony baru saja membawa kabar gembira buat sebagian pengguna smartphone besutannya. Kalau kalian pemilik smartphone atau tablet Sony yang cukup sabar menanti update Android 6.0.1 Marshmallow, kalian bakal sumringah karena beberapa seri lama bisa update sistem operasi mutakhir tersebut. Senyum yang lebar wahai pengguna Sony Xperia Z2 dan Z3!

udpate marshmallow xperiaupdate marshmallow xperia 2Sebelumnya update Android 6.0.1 Marshmallow sudah menyambangi pengguna Xperia Z2 dan Z3 dalamm Brta Program beberapa pekan lalu. Tapi tidak semua model masuk dalam daftar. Nah, dalam update terkini, hampir semua smartphone dan tablet yang ada dalam keluarga Xperia Z2 dan Z3 bisa menikmati kecanggihan Android Marsmallow.

Sudah lumrah kalau perangkat baru biasanya diprioritaskan mendapat update dari software besutan Google tersebut. Tak heran kalau seri seperti Xperia Z5, tablet Z4 hingga Xperia Z3+ adalah rangkaian perangkat yang pertama kali masuk dalam roadmap Marshmallow-nya Sony.

Sekarang, build number 23.5.A.0.570 akan segera menyegarkan sejumlah perangkat lama Sony yang sebelumnya menunggu dalam ketidakpastian. Nyaris semua varian dari Sony Xperia Z2 dan Z3 siap untuk update Android 6.0.1 Marshmallow. Xperia Z2 (D6502), Xperia Z3 (D6646, D6653), Xperia Z3 Dual (D6633), Xperia Z3 Compact (D5833) dan Xperia Z2 Tablet SGP511, SGP512, SGP521) siap dipasangi dengan paket update sebesar 900MB.

Hanya saja Sony Xperia Z3 Tablet Compact menjadi satu-satunya perangkat yang tidak termasuk dalam paket update ini. Pihak Sony sendiri tidak menjelaskan kenapa tablet tersebut tidak mendapat update. Entah karena isu teknis atau merupakan konsekuensi dari spare part di dalam perangkat itu yang tidak kompatibel.

Sekedar mengingatkan saja, Sony belum lama ini menyegarkan keluarga besar Z dengan identitas baru dalam keluarga X Series. Adalah trio Xperia X, Xperia XA dan Xperia X Performance yang bakal menyegarkan portofolio Sony di tahun 2016. Menariknya, seiring dengan kemunculan tiga seri ini, Sony mengkonfirmasi bahwa tak akan ada lagi Z6 yang digadang sebagai suksesor Z Series.