ArenaLTE.com – Pemilik bisnis atau pelaku usaha yang berwawasan digital, tentu paham bahwa sebuah website merupakan sarana kunci untuk menjalin hubungan dengan calon pelanggan, dan pilihan terkait dengan nama domain dapat berdampak besar terhadap kesuksesan bisnis. Namun, tahukah jika mendaftarkan dan memiliki nama domain tambahan lebih dari satu bisa membawa manfaat besar untuk bisnis?

Verisign memberikan beberapa alasan penting bagi pelaku usaha untuk memiliki beberapa nama domain guna memperkuat bisnis di dunia online. Karena dengan mendaftarkan sejumlah nama domain lebih dari satu, dapat membuka peluang pemasaran baru bagi perusahaan untuk mempromosikan brand atau aspek lain dari bisnis yang dijalankan.

Menciptakan dan Mendukung Kampanye Pemasaran Online

Pelaku bisnis dapat mendaftarkan nama domain tambahan yang sesuai dengan kampanye pemasaran maupun target audience atau khalayak sasarnya. Sebagai contoh, ImLovinIt.com adalah nama domain yang digunakan untuk mempromosikan slogan McDonald dengan mendorong pelanggan ke halaman promosi pada website utama perusahaan tersebut.

Beberapa perusahaan bahkan mendaftarkan nama produk sebagai nama domain saat sedang memasarkan produk tersebut. Pelaku Bisnis dapat memiliki nama domain tambahan untuk mengarahkan pelanggan ke website utama.

nama domain tambahanMenonjolkan Ciri Khas Bisnis

Jika nama domain website utama yang ada saat ini merupakan nama dari bisnis atau brand, maka pemilik bisnis juga bisa membuat nama domain tambahan yang menonjolkan ciri khas bisnis atau target spesifik yang disasar.

Sebagai contoh, jika website utama bernama rumahidaman.com dan pebisnis bermaksud mengembangkan basis pelanggannya di luar pembeli rumah tradisional, maka mereka dapat mendaftarkan dan memasarkan nama domain deskriptif yang mengandung kata kunci seperti “villa,” “rental,” atau “rumah singgah.”

Pebisnis juga bisa menambahkan lokasi geografis pada nama domain tambahan, seperti “rumahidamanjakarta.com.” Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pebisnis dapat mengarahkan nama domain tambahan ke situs web utama, atau jika memungkinkan, buatlah landing page yang spesifik atau situs baru dengan nama domain yang deskriptif tersebut.

Melindungi Brand dan Bisnis

Bayangkan jika ada sebuah kedai kopi bernama “Kopi Toebroek”  di sebuah pusat perbelanjaan terkemuka dan toko di sebelahnya memiliki nama “Kopi Tubruk”.  Ini tentu tidak menguntungkan kedua pemilik kafe tersebut bukan?

Oleh karena itu kita perlu melindungi nama domain sebagai identitas online bisnis dengan mendaftarkan beberapa nama domain yang mendekati atau domain tingkat kedua (second-level domain) (“kopitoebroek”) dengan ekstensi top-level domain yang lain seperti .net atau .tv. Selain itu, pebisnis juga dapat mendaftarkan variasi nama, seperti kopitubruk.com.

 

nama domain internetRencana Pengembangan Bisnis di Masa Depan

Pebisnis mungkin akan memulai bisnisnya secara lokal, namun bisnis tersebut bisa jadi akan berkembang secara regional, nasional atau bahkan secara global dalam beberapa tahun. Oleh karena itu, pebisnis harus proaktif dan mempertimbangkan rencana ekspansi bisnis di masa depan dengan membeli beberapa domain, termasuk ekstensi domain di negara lain.

Di Indonesia, domain .ID juga kian populer untuk menunjukkan identitasnya sebagai brand asal Indonesia atau yang beroperasi di Tanah Air.

Mengakomodasi Kesalahan Pengejaan

Sebuah bisnis bisa saja memiliki nama yang sulit diucapkan dan rentan terhadap salah eja, Dengan mendaftarkan beberapa nama domain lain yang mendekati ejaan nama bisnis tersebut, pebisnis dapat mengarahkan pengguna ke tujuan yang tepat, bukan sebuah halaman yang error atau bahkan halaman kompetitor.

Lindungi Nama Brand dan Menangkan Persaingan

Karena nama serta pencitraan merupakan bagian paling penting dari sebuah brand, memilih nama dan beberapa variasinya tentunya akan turut menjaga reputasi online brand tersebut. Mendaftarkan lebih dari satu nama domain untuk perusahaan juga mengurangi kemungkinan kompetitor untuk mendaftarkan nama yang serupa.

Banyak Manfaat Tanpa Kerugian Sedikitpun

Menjalankan bisnis berarti melindungi aset dan menggunakan setiap kesempatan yang ada untuk membedakan diri dengan kompetitor. Ketika melakukan bisnis online, ini artinya pebisnis harus melindungi aset website yang paling berharga  – nama domain – dan menggunakannya dengan cermat dan efektif untuk meningkatkan pendapatan.