ArenaLTE.com – Keamanan data masih menjadi masalah serius di dunia digital, tak terkecuali di media sosial. Salah satunya adalah Twitter yang cukup digemari di Tanah Air sebagai media berkomunikasi di jejaring sosial. Perusahaan telah menyelidiki laporan tentang adanya akun Twitter dengan user name dan password yang tersedia di “dark web”. Diyakini informasi itu tidak diperoleh dari peretasan terhadap server Twitter.

Apa itu dark web? Ini adalah kumpulan situs bawah tanah yang memungkinkan penggunanya untuk terlibat dalam kegiatan ilegal dan seringkali di luar jangkauan penegak hukum. Mereka dapat berinteraksi secara online tanpa khawatir terhadap pengawasan pemerintah. Biasanya, situs-situs yang berada di dark web atau sering juga disebut deep web dijaga oleh mekanisme enkripsi seperti TOR agar bisa mengunjungi situs secara anonim.

Menurut Michael Coates, Trust & Information Security Officer Twitter, akun Twitter yang beredar di dark web tersebut kemungkinan didapat dari penggabungan informasi terhadap peretasan sistem lain, malware pada perangkat korban yang mencuri password untuk semua situs, atau kombinasi keduanya. “Terlepas dari manapun asalnya, Twitter bertindak cepat untuk melindungi akun Twitter pengguna,” ujar Coates dalam artikel yang ditulisnya di blog resmi Twitter.

Dalam setiap pengungkapan password yang terjadi baru-baru ini, Twitter melakukan pemeriksaan silang antara data tersebut dengan informasi yang dimiliki. Akibatnya, sejumlah akun Twitter telah diidentifikasi untuk perlindungan ekstra. Akun-akun tersebut akan langsung terkunci dan membutuhkan password reset oleh pemilik akun. Penulis rupanya juga terdampak dengan masalah tersebut. Karena beberapa hari yang lalu tiba-tiba akun terkunci dan minta untuk direset password-nya agar bisa digunakan kembali.

Twitter-reset

Cara Twitter menjaga platform agar aman 

Layanan media sosial 140 karakter ini menggunakan berbagai metode untuk melindungi platform dan akun Twitter pengguna secara berkelanjutan. Di antaranya adalah melakukan beberapa hal mendasar seperti penggunaan HTTPS di manapun serta keamanan untuk email dari twitter.com. Dan seperti yang telah dsebutkan sebelumnya, Twitter mengamankan informasi pemilik akun dengan menggunakan bcrypt.

Twitter juga melindungi akses ke akun dengan mengevaluasi beberapa hal seperti lokasi, perangkat yang digunakan, dan sejarah login untuk mengidentifikasi akses akun atau perilaku yang mencurigakan. Apabila password Anda merupakan salah satu yang langsung terkena dampak dari peretasan sistem lain, Anda akan menerima pemberitahuan untuk melakukan password reset. Dalam hal ini, akun pengguna akan tetap dilindungi sampai pemilik email atau nomor telepon melakukan password reset.

Ini yang harus dilakukan pengguna akun Twitter

Jika informasi Twitter pengguna dipengaruhi oleh salah satu isu terbaru ini – karena pengungkapan password dari perusahaan lain atau kebocoran pada “dark web” – maka pengguna telah menerima email bahwa password akun mereka harus diganti. Akun pengguna tersebut tidak akan dapat diakses sampai mereka melakukannya, untuk memastikan bahwa individu yang tidak sah tidak memiliki akses.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memastikan akun Twitter Anda tetap aman:

  • Aktifkan verifikasi login. Ini adalah cara terbaik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keamanan akun Twitter.
  • Gunakan password yang kuat dan tidak Anda gunakan di situs lainnya.
  • Gunakan password manager seperti 1Password atau LastPass untuk memastikan, bahwa Anda menggunakan password yang kuat dan unik di mana pun.