ArenaLTE.com – Meskipun tidak semua orang yang melakukan pencarian di internet mempunyai tujuan untuk mencari tahu informasi tentang barang dan jasa, namun pelaku usaha ecommerce tetap memiliki peluang untuk menarik pengunjung datang ke website dan membuat mereka melakukan pembelian. Ada beberapa tips ecommerce yang bisa dilakukan pebisnis untuk bisa mengubah mereka dari sekedar pengunjung menjadi pelanggan.

Internet telah menjadi sarana bagi penggunanya untuk mencari informasi tentang apapun yang mereka butuhkan. Di Indonesia, sekitar 68,7 persen dari 88,1 juta pengguna internet mengakses internet untuk mencari informasi, sementara baru 11 persen pengguna internet yang mengakses internet untuk melakukan belanja online.

Namun bagaimanakah caranya agar dapat mengubah klik dari pengunjung menjadi pelanggan atau mengubah pengunjung menjadi transaksi pejualan? Verisign salah satu pemimpin global dalam nama domain dan keamanan Internet membagikan beberapa tips ecommerce untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan.industri Ecommerce Indonesia (1)

  1. Sajikan informasi yang berlimpah namun tetap relevan

Menyajikan informasi tentang fitur-fitur produk atau layanan yang paling menarik dan unik akan membantu pebisnis berkomunikasi dengan calon pelanggan. Misalnya tidak memenuhi tampilan homepage dengan hal-hal yang tidak penting, kemudian sampaikan pesan bisnis dengan jelas menggunakan kata-kata seefektif mungkin, gunakan penjelasan yang ringkas, sub-judul, poin-poin, dan paragraf pendek lalu gunakan format standar satu kolom agar lebih mudah dibaca.

  1. Pastikan website mudah untuk digunakan

Penting bagi pelaku usaha untuk memastikan bahwa website mereka mudah untuk digunakan. Menu dan navigasi pada website harus dibuat semudah mungkin, menyajikan semua informasi yang dibutuhkan pelanggan sesederhana mungkin dengan hanya beberapa klik. “Less is more” adalah aturan utama dalam berjualan online. Ini berarti semakin sedikit pelanggan harus melakukan klik, maka akan lebih baik.

  1. Bangun Kepercayaan dan Tingkatkan Keamanan

Menciptakan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online bisa menjadi sebuah tantangan. Dalam dunia online, website akan mewakili kita bercerita kepada pelanggan. Oleh karena itu, menunjukkan kredibilitas dan kapabilitas dalam website akan membantu menimbulkan kepercayaan pengunjung. Website juga dapat memiliki halaman “tentang kami” yang menjelaskan semua aspek bisnis, berisi informasi mengenai layanan yang ditawarkan, serta menampilkan ulasan dari media dan klien untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung. Kepercayaan ini dapat dibangun dengan menggunakan sistem pembayaran yang terbukti aman. Kita juga bisa menaruh umpan balik dan review dari pelanggan di website. Hal ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan melalui transparansi dan keterlibatan pelanggan.

  1. Memilih nama domain yang tepat dapat membantu kesuksesan bisnis online

Langkah awal penting untuk menjalankan bisnis di Internet adalah dengan memilih dan mendaftarkan nama domain (alamat web). Nama domain dapat digunakan untuk mewakili brand dan identitas perusahaan di internet. Untuk membantu meningkatkan visibilitas dan membangun brand secara online, pilihlah nama domain yang bermakna dan daftarkan sesegera mungkin.