ArenaLTE.com – Pameran Indocomtech 2015 yang telah resmi di gelar pihak penyelenggara di Senayan, JCC – Jakarta, memang cukup menarik untuk dikunjungi para pecinta gadget. Bukan sekedar pameran perangkat teknologi, alasan lainnya tentu karena adanya diskon penjualan yang diprogramkan para pengusaha dalam booth penjualan mereka. Namun, sebelum membeli produk promo tersebut ada baiknya ikuti tips belanja gadget aman di Indocomtech 2015 ini.

Luas area 17 ribu meter memang bukan hal yang cukup mudah untuk diputari para pembeli, terlebih setiap wilayah tersebut telah banyak diramaikan para pengunjung. Namun, terlalu sayang juga jika promo diskon yang dijalankan para perusahaan tidak bisa dinikmati dengan baik oleh pengunjung, hanya saja kita perlu sedikit lebih cerdik menyiasati hal tersebut.

Pantauan redaksi dilapangan, memang tidak sedikit pengunjung yang meramaikan satu booth penjualan saja, ada beberapa stan penjualan lain yang juga memiliki banyak pengunjung setianya. Sebut saja erafone dan  Okeshop yang hampir setiap detiknya, pengunjung di tempat tersebut selalu bertambah. Pasalnya, tidak sedikit produk yang dijual diberikan dengan harga yang cukup murah.
Baca: Teknologi Augmented Reality Ramaikan Indocomtech 2015

Namun demikian, sebelum menguras kantong atau terlebih tidak mendapatkan produk yang ingin dibeli untuk dibawa pulang, pengunjung bisa mengikuti tips belanja gadget berikut ini:

Cari detail informasi

Penyelenggaraan Indocomtech 2015 biasanya selalu disiarkan oleh beberapa media lokal Tanah Air, baik secara Online, cetak, maupun langsung dari siaran televisi. Melalui informasi tersebut, pengguna bisa melihatnya langsung untuk mendapatkan berapakah booth yang digelar dalam pameran, kemudian cari tahu lebih banyak produk apa saja yang dijual di seputar area pameran tersebut.

Pilih produk terlebih dahulu

Hal ini sebenarnya menjadi standar dan tips belanja yang sering dilupakan pembeli, karena tak sedikit para pembeli justru mendapatkan penyesalan karena membeli produk yang bukan tujuan utamanya. Semisal pengguna ingin membeli smartphone merek tertentu, ada baiknya catat produk tersebut dan pastikan mendapatkan informasi detail mengenai produk untuk lebih meyakinkannya.

Pahami promosi dan ketentuan

Produk yang pengguna inginkan terkadang dijual dengan harga yang murah di beberapa stan penjualan, namun yang sering kali dilewatkan adalah informasi promosi itu sendiri. Jangan terjebak dengan promosi yang diberikan, baca dan pahami ketentuan pembelian untuk benar-benar mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga yang sesuai. Sehinga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan produk yang diinginkan dengan kemungkinan harga yang murah.

Cek detail produk

Dalam pameran yang berlangsung, tak hanya diskon produk yang bisa mencapai 85 persen. Program Trade-in juga kadang digadangkan penjual untuk melariskan produk dagangannya. Jika hal ini cukup menggoda pengguna, sebaiknya pastikan produk yang dijual dalam program tersebut diperiksa terlebih dahulu. Lakukan pengecekkan fisik, fungsionalitas perangkat, serta hal lainnya dengan sangat detail. Pasalnya, ketentuan yang ditetapkan dalam satu stan, terkadang menentukan bahwa produk yang sudah dibeli tidak bisa ditukar kembali meski telah dilakukan transaksi resmi.

Uang Tunai

Kembali kami informasikan, luas area 17 ribu meter persegi bukanlah area yang cukup mudah untuk dijelajahi. Jadi, pastikan pengunjung untuk membawa uang tunai, sehingga tidak repot untuk kembali ke mesin ATM untuk hanya sekedar mencairkan uang. Hal ini juga dikarenakan tidak semua stan menyediakan mesin debit, serta ketentuan pembayaran tunai biasanya banyak diterapkan dalam stan yang menggelar program promo tertentu.