ArenaLTE.com – membuat usaha online bukan hanya sekedar membuat website saja dan semuanya selesai. Membuat website tentang usaha online yang kita lakukan memang langkah penting, namun yaang terpenting adalah bagaimana membuat pelanggan maupun calon pelanggan mau mengunjungi website kita tersebut.

Banyak perusahaan mengira bahwa jika mereka telah membuat sebuah website, maka pelanggan pun akan datang dengan sendirinya. Padahal, perlu usaha lebih dari sekedar membuat website yang menarik agar calon pelanggan tertarik untuk mengunjungi website kita tersebut.

Beruntung, ada beberapa langkah sederhana dari Verisign yang bisa kita lakukan untuk membuat website usaha online kita jadi naik peringkat di search engine dan meningkatkan daya saing usaha online yang kita lakukan.

Optimasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu cara penting yang dapat membantu meningkatkan trafik ke website kita. SEO merupakan cara dimana kita dapat menggunakan kata kunci secara strategis pada konten website untuk memastikan website kita bisa ditemukan oleh orang yang melakukan pencarian melalui Google, Bing, atau mesin pencari lainnya. Pilih kata kunci yang relevan sangatlah penting, jangan menggunakan kata kunci yang terlalu sering dipakai atau sebaliknya sangat jarang sekali dipakai.

Optimasi Website  Usaha Online Versi Smartphone

Di Indonesia, kini semua orang melakukan segala hal dengan smartphone. Trafik penggunaan smartphone mengalami peningkatan yang sangat pesat, tidak hanya untuk mencari  informasi namun melakukan transaksi pembelian. Survei yang dilakukan Mastercard  tahun 2015 terungkap bahwa 55,5% pengguna smartphone di Indonesia melakukan transaksi pembelian. Jadi pastikan website usaha online yang kita lakukan sudah teroptimasi dengan smartphone minimal dari tampilan dan akses fitur yang mobile friendly.

Bisnis Online SmartphoneOptimalkan Media Sosial

Website tentang usaha online yang kita miliki hanya sebagai identitas utama, salah satu cara meningkatkan trafik ke situs kita tersebut yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Kolaborasi antara media sosial dan website menjadi solusi cerdas untuk terhubung dengan pelanggan baru, serta memperkuat hubungan dengan pelanggan lama.

Manfaatkan Situs Review

Dengan akses internet yang semakin cepat dan metode mendapatkan informasi bisa diperoleh dengan cepat melalui smartphonen. Banyak pelanggan yang mencari dan mengandalkan berbagai ulasan mengenai suatu produk atau layanan sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian. Pelanggan akan mulai mencari informasi dari berbagai situsualasan (review) yang banyak resedia secara online sepperti Zomato, Agoda dan TripAdvisor, jadi pastikan nama brand usaha online yang kita miliki selalu bernada positif.

Tampilkan Informasi Kontak/ Jam Kerja

Jika kita sudah melakukan semua cara yang disebutkan di atas, namun tidak mencantumkan informasi kontak, lokasi dan jam operasi, maka pengunjung mungkin akan kebingungan. Kita mungkin sudah membuat halaman kontak yang menyediakan kotak pesan untuk pengunjung menghubungi. Namun, memasang informasi kontak seperti alamat, nomor telepon, email, dan fax di setiap halaman dan mudah dilihat tentu akan memudahkan pengunjung. Informasi kontak ini bisa diletakkan di tengah atas atau di bagian bawah website usaha online kita.