ArenaLTE.com – Fitur lepas baterai masih menjadi topik yang kontroversial di dunia smartphone. Karena kebanyakan smartphone terbaru sekarang diluncurkan menggunakan baterai non-removeable atau tidak bisa dilepas. Ada berbagai alasan vendor mulai memproduksi smartphone dengan baterai yang melekat langsung dengan smartphone salah satunya karena ingin memproduksi smartphone premium terbaik dengan desain tipis nan cantik.

Namun smartphone dengan baterai non-removeable ini akan sulit diatasi jika mengalami overheat, error atau hang dan tombol power tidak berfungsi jadi terpaksa harus menunggu hingga baterai habis. Penggantian baterai juga harus dilakukan di Service Center, lain halnya dengan smartphone yang bisa lepas baterai.

Jika ada kendala overheat, error atau hang, cukup lepas baterai dan selesai, penggantian baterai juga lebih mudah dan dapat dilakukan sendiri. Dan kebanyakan smartphone ini juga memiliki slot memori eksternal. Sudah semakin jarang kita menemukan smartphone dengan baterai yang bisa diepas, berikut ini kami pilihkan smartphone premium terbaik yang masih bisa lepas baterai.

LG_G4_2LG G4
Seri flagship LG G4 menjadi andalan LG tahun lalu ini tampil elegan dengan back cover terbuat dari bahan kulit yang membuatnya terlihat elegan. Kelebihan LG G4 ini menggunakan prosesor Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808 6 inti (Hexa Core) berkecepatan 1.8 GHz Cortex-A57. Dorongan RAM 3GB dan memori internal 32GB plus memori eksternal 128 GB cocok mengoperasikan sistem operasi Android Lollipop 5.1 dengan tampilan user interface terbaru yaitu LG UX 4.0.

Terlihat nyaman pada layar LG G4 5.5 inch Quad HD (1440 x 2560 pixels). Kamera 16 Megapixel dengan aperture F/1.8 dan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) mampu mengambil foto dan video beresolusi UltraHD. Dibanderol dengan harga sekitar IDR5 jutaan sekarang ini, smartphone dengan kamera selfie 8 Megapixel, koneksi 4G LTE dan kapasitas baterai 3000 mAh menjadi salah satu smartphone premium terbaik.

Xiaomi-Redmi-Note-2...Xiaomi Redmi Note 2
Dibanderol hanya dengan harga sekitar IDR 2 jutaan saja, Xiaomi Redmi Note 2 bisa menjadi pilihan smartphone premium terbaik yang masih bisa lepas baterai. Memiliki keunggulan layar berukuran 5,5 inci, Xiaomi Redmi Note 2 dilengkapi prosesor MediaTek MT6795 64-bit Octa-core 2.0GHz untuk kapasitas memori 16 GB dan 2.2GHz MTK MT6795 untuk 32 GB. Smartphone ini juga mendukung konektivitas 4G LTE TDD bands untuk kartu Bolt dan Smartfren. Urusan kamera, Xiaomi Redmi Note 2 punya kamera utama 13 MP dan tentu saja daya tahan baterai 3060mAh yang bisa dilepas.

galaxy note 4..Samsung Galaxy Note 4
Meskipun sekarang sudah hadir Samsung Galaxy Note 7, namun seri Galaxy Note 4 ini masih canggih untuk era sekarang ini. Layarnya berukuran 5.7-inch AMOLED (1440 x 2560 piksel) dengan prosesor Snapdragon 805 dan doronagn RAM 3 GB. Dibanderol dengan harga IDR 4,6 jutaan, smartpohne dengan S-Pen ini termasuk sebagai salah satu smartphone premium terbaik yang masih bisa lepas baterai. Untuk daya tahan baterainya terdiri dari  Li-ion 3320 mAh yang sanggup bertahan selama 20 jam talk time.

Galaxy-S5Samsung Galaxy S5
Diluncurkan tahun 2014 lalu, seri Samsung Galaxy S5 juga masih bisa cukup jagoan sekarang ini. Kolaborasi performa dan daya tahan baerainya layak masuk sebagai salah satu smartphone premium terbaik yang masih bisa lepas baterai. Desain ergonomis dengan ukuran layar 5 inchi super AMOLED dilengkapi dengan prosesor Exynos 5 Octa 5420 Quad-core 2.5GHz Krait 400. Smartphone yang sekarang ini masih dibanderol dengan harga IDR4,5 jutaan ini mamiliki kamera utama 16 Megapiksel, sedangkan untuk kapasitas baterai tersedia 2,800 mAh yang bisa dilepas.

lg G5 SELG G5/G5 SE
Meskipun termasuk smartphone yang baru diluncurkan, seri LG G5 bukan hanya sekadar memiliki baterai yang bisa dilepas. Namun komponen baterasi ini menjadi unsur penting sebagai smartphone modular pertama yang pernah diciptakan. Lokasinya di bagian bawah handset bisa dicopot untuk mengakses baterai removable-nya serta slot kartu. Aspek paling istimewa adalah kita bisa menancapkan add-ons ke dalam G5 melalui komponen modular.

Contohnya, sebuah modular kamera yang disebut LG Cam Plus bisa menambahkan baterai berkapasitas 1100 mAh dan kontrol perangkat keras (tombol hardware, tombol video, kontrol zoom) ke kamera G5. LG G5 dibanderol harga yang cukup mahal, sekitar IDR9,5 jutaan dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 820 dan dorongan RAM 4 GB plus memori internal 23 GB yang mengoperasikan Android M (Marshmallow). Baterainya sendiri hanya berkapasitas 2800 mAh.

BACA:
Review LG G5 SE: Smartphone Modular Pertama dengan Kamera Impresif